ANGKA PARTISIPASI PEMILIH DI KOTA SUKABUMI PADA PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 MENCAPAI 85 PERSEN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. selaku Ketua Desk Pemilu (Pemlihan Umum) Kota Sukabumi menjelaskan, angka partisipasi pemilih di Kota Sukabumi pada Pemilu Serentak Tahun 2019, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI serta Pemilu Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 baru-baru ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai 85 persen.

Angka partisipasi pemilih tersebut, mengalami peningkatan sebesar 7 persen dari angka partisipasi pemilih pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 yang lalu, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yang mencapai 78 persen. Selain itu, pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, di Kota Sukabumi pada umumnya berjalan lancar, serta aman, tertib dan damai.

Penjelasan Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memimpin apel pagi pegawai di lingkungan Setda Kota Sukabumi serta Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, hari Kamis, 18 April 2019, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, meningkatnya angka partisipasi pemilih tersebut, berkat kesadaran dan kedewasaan seluruh lapisan masyarakat Kota Sukabumi dalam mendukung dan menyukseskan Pemilu tersebut, dengan menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya secara Jurdil (Jujur dan Adil), serta LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia).

Sedangkan berjalan lancarnya pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kota Sukabumi, merupakan keberhasilan dan kerja keras semua pihak, yakni unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Aparat Pemerintah, Peserta Pemilu dan Penyelenggara Pemilu, yang terdiri dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), KPU (Komisi Pemilihan Umum), PPK (Panitia Pemilu Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara), KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), PPL (Pengawas Pemilu Lapangan), Pamsung (Pengamanan Langsung) dan Pamyah (Pengamanan Wilayah), Aparat Kepolisian dan TNI, serta Aparat Wilayah Kecamatan dan Kelurahan dalam melaksanakan dan mengawal penyelenggaraan Pemilu tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi selaku Ketua Desk Pemilu Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghagaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, yang telah berupaya optimal melaksanakan dan mengawal serta mendukung dan menyukseskan Pemilu tersebut.

Leave a Reply