FUNGSI TAMAN NOBAR KOTA SUKABUMI UNTUK SEMENTARA DIHENTIKAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Fungsi Taman Nobar Kota Sukabumi tepatnya yang berlokasi di wilayah Kelurahan Gunung Puyuh Kecamatan Gunung Puyuh, untuk sementara dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Sony Hermanto, S.H., M.Si. mengungkapkan, taman tersebut sebelumnya difungsikan sebagai tempat bagi para komunitas masyarakat di Kota Sukabumi, untuk menyelenggarakan acara yang bermanfaat sambil nonton film.

Adapun kebijakan dihentikannya sementara fungsi tanam tersebut, karena pada tahun lalu ada kejadian yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat di sekitar taman tersebut, yang dilakukan oleh oknum sebuah komunitas bola dari luar Kota Sukabumi. Oleh karenanya, pihaknya beserta pihak Koramil dan Polsek Gunung Puyuh, untuk sementara menghentikan fungsi taman tersebut sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Namun demikian, pihaknya masih bisa memberikan kebijakan kepada masyarakat Kota Sukabumi yang akan melakukan kegiatan di taman tersebut, dengan catatan kegiatannya harus yang posotif dan bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Sukabumi. Seperti kegiatan bhakti sosial donor darah, gerakan bersodaqoh, pameran buku, wakaf buku dan kegiatan bhakti sosial lainnya.

Tapi bagi masyarakat Kota Sukabumi yang akan melakukan kegiatan bhakti sosial di taman tersebut, harus mengajukan dan mendapat izin terlebih dahulu dari Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Sukabumi, serta harus sesuai dengan rencana kegiatan bhakti sosial yang akan dilaksanakan. Sebab apabila tidak sesuai, kegiatannya bisa dihentikan. Maksud dan tujuannya, untuk menjaga dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat.

Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Sukabumi mengatakan, desain dan fungsi taman tersebut akan dikaji dan diobservasi ulang, bersama SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi terkait lainnya. Maksud dan tujuannya, supaya sesuai dengan potensi masyarakat yang ada di sekitar area taman tersebut.

Dengan demikian, fungsi taman tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi masyarakat di sekitar taman tersebut, serta dapat berdayaguna dan berhasilguna, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar taman tersebut. Selain itu, juga untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan upaya dalam mencapai visi dan misi Pemerintah Kota Sukabumi, yakni terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply