PENERBITAN AKTA KEMATIAN HARUS DIAJUKAN OLEH MASYARAKAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menandaskan, penerbitan Akta Kematian harus dilaporkan dan diajukan oleh masyarakat keluarga orang yang meninggal dunia. Sebab pihak Disdukcapil Kota Sukabumi, tidak bisa menerbitkan dan mengeluarkan Akta Kematian, apabila tidak ada laporan dan pengajuan dari masyarakat. Ditandaskan pula, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal memberikan dan meningkatkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan kepada masyarakat Kota Sukabumi, termasuk pembuatan Akta Kematian, sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang ditetapkan.

Untuk itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menghimbau sekaligus meminta kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, apabila ada keluarganya yang meninggal dunia agar segera dilaporkan ke Disdukcapil Kota Sukabumi atau melalui kelurahannya masing-masing, supaya bisa dilakukan updating atau pembaharuan data kependudukan, khususnya di setiap kelurahan dan kecamatan, umumnya di Kota Sukabumi.

Lebih jauh ditandaskan, untuk membuat Akta Kematian tidak sulit, yakni masyarakat dari keluarga orang yang meninggal dunia harus membawa laporan kematian dari kelurahannya masing-masing apabila meninggal dunia di rumah, atau surat keterangan kematian dari rumah sakit apabila meninggal di rumah sakit, untuk dijadikan bahan awal penerbitan atau pembuatan Akta Kematian.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi mengatakan, apabila ada masyarakat yang meninggal dunia tidak segera dilaporkan ke Disdukcapil Kota Sukabumi atau ke kelurahannya masing-masing, bisa menimbulkan dampak pada keterlambatan updating data kependudukan, baik di tingkat kelurahan dan kecamatan maupun di tingkat kota. Sebab apabila tidak segera dilaporkan ke Disdukcapil Kota Sukabumi atau ke kelurahannya masing-masing, bisa saja nama orang yang sudah meninggal dunia tersebut masih tercantum dalam daftar kependudukan, baik di tingkat kelurahan dan kecamatan maupun di tingkat kota.

Tapi apabila segera dilaporkan ke Disdukcapil Kota Sukabumi atau ke kelurahannya masing-masing, nama masyarakat yang sudah meninggal tersebut bisa segera dihapus dari daftar kependudukan, baik di tingkat kelurahan dan kecamatan maupun di tingkat kota, serta dapat menunjang terhadap kelancaran dan keberhasilan kelurahan dan kecamatan serta Disdukcapil Kota Sukabumi dalam melakukan updating data kependudukan di Kota Sukabumi.

Leave a Reply