PEMERINTAH KOTA SUKABUMI GELAR JOB FAIR 2019

Reporter : KHAERU SOBRI

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Pemerintah Kota Sukabumi menyelenggarakan Job Fair 2019 yang dipusatkan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Sebanyak 30 perusahaan turut serta dalam Job Fair tersebut dengan membuka hampir 6.500 lowongan pekerjaan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai 22 April hingga 23 April 2019 dan  dibuka secara langsung oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi. Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Walikota Sukabumi, Andri S Hamami, PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi, unsur Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi mengatakan, penyelenggaraan Job Fair ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Kota Sukabumi yang ke 105 tahun. Dirinya menjelaskan, sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945 bahwa kehadiran pemerintah tidak hanya melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia melainkan juga dapat mensejahterakan rakyat.

Oleh karena itu, ditandaskannya, dalam konteks kesejahteraan rakyat maka pemerintah tingkat pusat maupun daerah harus mampu memfasilitasi tingkat drajat ekonomi dan kesejahteraan warganya. Salah satunya melalui penyelenggaraan Job Fair atau bursa kerja.

Dirinya berharap kolaborasi pentahelix yakni  pemerintah, dunia usaha maupun industri serta balai pelatihan kerja dapat terus terjalin sehingga percepatan perekrutan tenaga kerja bisa terus dilakukan sesuai target  program rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Sukabumi.

Dikesempatan yang sama, PLT Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Iyan Damayanti mengungkapkan,tujuan diselenggarakan kegiatan Job Fair tersbut untuk memfasilitasi para pencari kerja dengan dunia industri, mengurangi pengangguran dan menarik investor.  Dikatakannya, Pendaftaran bursa kerja dapat dilakukan secara langsung maupun online melalui https://ayokitakerja.kemnaker.go.id.

Dirinya menyebutkan, bahwa hingga saat ini para pencari kerja yang telah mendaftar secara online lebih dari 2.200 orang. Sehingga jumlah para pencari kerja  yang daftar secara langsung ke Joba Fair tidak terlalu membludak jumlahnya.

Adapun target sasaran dari kegiatan Job Fair yaitu para pencari kerja atau masyarakat angkatan kerja yang berdomisili di Kota Sukabumi. Pasalnya, pihak Disnaker memiliki target penyerapan pencari kerja pertahun sebanyak 5.000 orang.

Leave a Reply