PARA CALEG TERPILIH DI KOTA SUKABUMI WAJIB MENYAMPAIKAN LHKPN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Komisioner Divisi Teknis KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, Agung Dugaswara, S.Sos. menandaskan, para Caleg (Calon Legislatif) Terpilih di Kota Sukabumi, wajib menyampaikan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Karena apabila tidak menyampaikan LHKPN, bisa dikenakan sanksi berat, yakni dicoret sebagai Caleg terpilih, karena syarat pencalonan Calegnya hilang.

Selain itu, para Caleg terpilih pun harus memperbarui beberapa persyaratan pencalonannya, mulai dari SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Surat Keterangan Kesehatan, hingga Surat Keterangan Bebas Narkoba. Sebab bisa saja pada saat pencalonan dinyatakan sehat, tapi pada saat proses tahapan Pemilu (Pemilihan Umum) terkena suatu jenis penyakit. Oleh karenya, beberapa persyaratan pencalonannya harus diperbarui.

Ditandaskan pula, LHKPN ini merupakan persyaratan terakhir bagi para Caleg, namun khusus bagi para Caleg terpilih saja. Adapun proses penyampaian LHKPN dan pembaruan beberapa persyaratan bagi para Caleg terpilih ini, bisa dilakukan setelah dilaksanakan proses penghitungan suara dan penetapan Caleg terpilih oleh KPU.

Lebih jauh ditandaskan, apabila para Caleg terpilih sudah menyampaikan LHKPN dan memperbarui beberapa persyaratan pencalonannya, akan diumumkan kepada segenap lapisan masyarakat. Maksud dan tujuannya, supaya segenap lapisan masyarakat dapat mengetahui dan menilai tentang harta kekayaan yang dimiliki oleh para Caleg terpilih di Kota Sukabumi.

Untuk itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi mengharapkan, setelah dilaksanakan proses penghitungan suara dan penetapan Caleg terpilih oleh KPU, para Caleg terpilih di Kota Sukabumi agar segera menyampaikan LHKPN dan memperbarui beberapa persyaratan pencalonannya, untuk menunjang kelancaran proses penetapan anggota legislatif terpilih di Kota Sukabumi.

Leave a Reply