WALI KOTA SUKABUMI MELAKUKAN PEMANTAUAN PELAKSANAAN UNBK PELAJAR SMP DAN MTS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. serta Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Pelajar SMP dan MTs di Kota Sukabumi Tahun 2019.

Pemantauan ini dilaksanakan pada hari pertama pelaksanaan UNBK tersebut, yakni pada tanggal 22 April 2019, diantaranya ke SMP Negeri 1 Kota Sukabumi. Selain itu, juga ke SMA Negeri 4 Kota Sukabumi, yang dijadikan lokasi UNBK bagi SMP dan MTs di Kota Sukabumi yang belum memiliki Laboratorium Komputer secara lengkap.

Usai melakukan pemantauan, Wali Kota Sukabumi menjelaskan, pelaksanaan UNBK ini berjalan lancar dan aman, sehingga para pelajar SMP dan MTs di Kota Sukabumi bisa melaksanakan UNBK dengan baik dan lancar serta belum menemukan hambatan apapun. Hal tersebut dapat terwujud, karena didukung serta adanya jaminan jaringan internet dan listrik. Dengan demikian, para pelajar tidak akan terganggu pada saat mengerjakan soal UNBK.

Selain itu juga dijelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan, pelaksanaan UNBK tahun 2020 mendatang bisa dilakukan secara mandiri. Dijelaskan pula, dari jumlah keseluruhan SMP di Kota Sukabumi, baru 70 persen yang telah melakukan UNBK secara mandiri. Sedangkan sisanya, yakni 30 persen lagi masih menumpang di sekolah lain.

Lebih jauh dijelaskan, pelaksanaan UNBK tahun ini, di Kota Sukabumi sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini, ada 3 SMP Negeri yang melaksanakan UNBK secara mandiri. Disamping itu juga dijelaskan, pada tahun ini sudah ada bantuan dari Pemerintah Pusat untuk sarana komputer, serta menurut rencana akan ditambah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk itu Wali Kota Sukabumi mengharapkan, pelaksanaan UNBK di Kota Sukabumi, pada tahun depan bisa dilakukan di SMP masing-masing, tidak menumpang di sekolah lain.

Dalam pada itu,  Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, dalam pelaksanan UNBK SMP Tahun 2019, di Kota Sukabumi ada 3 SMP yang mandiri, diantaranya SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, SMP Negeri 13 Kota Sukabumi, dan SMP Negeri 15 Kota Sukabumi. Sedangkan SMP lainnya masih menumpang di sekolah lain, karena belum memiliki sarana komputer yang lengkap. Sementara jumlah pelajar SMP di Kota Sukabumi yang mengikuti UNBK Tahun 2019, seluruhnya mencapai 5.345 orang, dan pelajar MTs mencapai 1.177 orang.

Leave a Reply