PADA TAHUN 2019 HKB KEMBALI DILAKSANAKAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pada tahun 2019, HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana) kembali dilaksanakan. Maksud dan tujuannya, untuk membangun awareness, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana, dengan cara membangun partisipasi semua pihak. Untuk itu, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi menyelenggarakan Rakor (Rapat Koordinasi) Aksi HKB, tepatnya tanggal 23 April 2019, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi, dalam rangka menghadapi kejadian bencana di wilayah Kota Sukabumi.

Rakor yang diikuti oleh seluruh Aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Aparat Wilayah Kecamatan dan Kelurahan ini, dipimpin dan dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., didampingi Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan, serta Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Akhmad Zulkarnain, S.E.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi menandaskan, bahwa Kota Sukabumi sangat rentan terhadap bencana. Berkaitan dengan hal tersebut, semua pihak harus siap mengantisipasi berbagai jenis bencana, seperti gempa bumi, angin puting beliung, kebakaran dan lain-lain. Diungkapkannya, berdasarkan hasil survey, ketika terjadi suatu bencana, keselamatan bisa didapat seorang korban 35 perrsen, karena dirinya sendiri yang berusaha menyelamatkan diri. Untuk itu, kesiapsiagaan dari semua pihak sangat penting.

Selain itu, latihan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana pun sangat penting dilakukan oleh semua pihak. Maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada semua pihak, khususnya dalam melakukan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana. Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, kesiapsiagaan bencana ini harus dilaksanakan secara partisipatif, melibatkan semua unsur dan pemangku kepentingan, berdasarkan asas kesetiakawanan, kegotongroyongan dan kedermawanan.

Sementara Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan menjelaskan, HKB Tingkat Kota Sukabumi akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2019. Dijelaskan pula, dalam HKB ini akan dlaksanakan uji sirine peringatan dini bencana. Karena setiap Kabupaten dan Kota serta Provinsi yang memiliki sirine peringatan dini bencana, seperti bencana tsunami, banjir, kebakaran dan lain-lain, atau tanda peringatan dini bencana lainnya, seperti kentongan, pengeras suara, lonceng dan lain-lain, harus dibunyikan secara serentak pada pukul 10.00.

Leave a Reply