JELANG RAMADHAN DKP3 PASTIKAN KETERSEDIAAN PANGAN AMAN

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Menghadapi bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi  menjamin ketersediaan bahan pangan pokok untuk masyarakat di Kota Sukabumi. Hal ini terungkap dalam Talkshow Radio Swara Perintis 93.1 FM pada Kamis, 25 April 2019, yang menghadirkan narasumber dari Bidang Ketahanan Pangan yakni Kepala Seksi Distribusi dan Cadangan Pangan, Ferry Nur Trisnawati, S.Pt.,M.M dan Endang Kusdarini, S.TP, M.Si.

Stok beras di Kota Sukabumi menjelang bulan Ramadhan, menurut DKP3, mencapai 126 % dari kebutuhan masyarakat. 49,5 % dari jumlah tersebut diproduksi oleh para petani di Kota Sukabumi. Sedangkan stok telur mencapai 88 % dari kebutuhan. Serta bahan pangan lainnya, seperti daging, cabe, gula dan lainnya juga dalam kondisi aman dan tersedia.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan juga menyediakan Cadangan Pangan Pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan di masyarakat yang bisa dipicu oleh kondisi ekonomi maupun faktor lainnya seperti bencana alam. Menyinggung jumlah Cadangan Pangan yang telah disalurkan oleh DKP3 kepada korban bencana alam di Kota Sukabumi seperti korban bencana banjir, pada triwulan pertama tahun 2019 jumlahnya sudah mencapai 9 ton.

Pemantauan pangan juga akan dilakukan oleh DKP3 pada bulan Ramadhan nanti, dengan menerjunkan Satgas Pangan ke sentra – sentra penjualan pangan, untuk memastikan pangan yang dijual dalam kondisi aman, halal, sehat. Selain itu pada bulan Ramadhan, DKP3 juga akan menggelar Bazaar Ramadhan di 7 kecamatan se-Kota Sukabumi dan Gelar Pangan di 3 Kecamatan yang menyediakan kebutuhan pangan dengan harga subsidi.

Leave a Reply