SOSIALISASI DAN GERAK JALAN SANTAI GEBYAR PAJAK 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Memeriahkan HUT Kota Sukabumi yang ke 105 tahun, BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi bekerjasama dengan Bank BJB Cabang Sukabumi dan Torabika,  melaksanakan Sosialisasi dan Gerak Jalan Santai dengan tajuk “Gebyar Pajak 2019” pada hari Minggu tanggal 28 April tahun 2019 bertempat di Halaman Balai Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan ini, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi , Wakil Wali kota Sukabumi, H.Andri S Hamami, SH,MH, Sekretaris  Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat,  pimpinan SKPD, para Camat dan Lurah, Pimpinan  Bank BJB Cabang Sukabumi, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi menandaskan penerimaan pajak sangat berperan dalam pembangunan negara, bahkan 70 % APBN berasal dari pajak. Oleh karena itu dihimbau kepada masyarakat untuk membayar pajak dengan tertib. Disisi lain Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan pendapatan pajak daerah pada tahun ini naik sebesar 50 % dari tahun sebelumnya karena peningkatan pendapatan pajak ini juga akan mempercepat pembangunan di wilayah Kota Sukabumi.

Mendukung pencapaian target tersebut, pada acara ini disosialisasikan fasilitas baru dalam membayara pajak yang mempermudah pembayaran Pajak PBB-P2 karena dapat dibayarkan melalui Indomaret. Selain itu Wali kota Sukabumi juga melantik sebanyak 35 kader penggiat taat pajak Kota Sukabumi dari 33 Kelurahan Se- Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Pajak dan Bukan Pajak BPKD, H. Unang DJunaedi Djuminta, S.E,  selaku Ketua Panitia kegiatan, menjelaskan bahwa sosialisasi dan gerak jalan santai ini  bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam  membayar pajak dan membayar pajak dengan tertib seperti membayar pajak sebelum jatuh tempo, serta tertib dalam administrasi pelaporan. Dijelaskan lebih lanjut, gerak jalan ini berdasarkan penjualan tiket, diikuti oleh sekitar 5000 warga. Selain itu pula dalam gerak jalan ini diberikan berbagai door prize untuk peserta dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor dari Bank BJB dan Torabika.

Leave a Reply