LITERASI AKAN MENJADI BAGIAN PENTING DI MASYARAKAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kegiatan Bedah Buku dan Workshop Statistika Pendidikan dapat menambah optimisme, bahwa literasi akan menjadi bagian penting di masyarakat. Demikian ditandaskan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat membuka secara resmi kegiatan tersebut, tepatnya tanggal 29 April 2019, di Toserba Selamat Kota Sukabumi.

Diharapkannya, budaya membaca harus dibiasakan sejak dini. Sebab melalui membaca, dapat meningkatkan daya talar. Untuk itu, apabila budaya membaca sudah dibiasakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, bisa meningkatkan kemampuan dan memupuk karakter. Selain itu, budaya literasi tidak bisa dipisahkan serta harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dikatakannya, budaya literasi dianggap sebagai salah satu tradisi yang penting bagi masyarakat Kota Sukabumi. Sebab budaya literasi merupakan implementasi dari ajaran agama Islam. Dikatakan pula, dengan banyak membaca, nilai kemanfaatannya akan bertambah.

Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, apabila melihat femonema saat ini, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat maju. Untuk itu, kegiatan membaca merupakan kegiatan yang sangat penting, dalam upaya mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dalam upaya mengubah seseorang menjadi pintar dan memiliki wawasan yang luas. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan membaca menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Namun demikian harus diakui oleh semua pihak, bahwa sebagian masyarakat belum menjadikan buku sebagai kebutuhan yang penting.

Untuk itu. Wakil Wali Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas dilaksanakannya Kegiatan Bedah Buku dan Workshop Statistika Pendidikan ini, sebab dapat menjadikan membaca sebagai bagian penting di masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi mendapat cindera mata dari nara sumber sekaligus sebagai penulis buku, Dr. Siti Nurhasanah, M.Pd.

Leave a Reply