MAHASISWA YANG IDEAL ADALAH MAHASISWA YANG KRITIS SERTA MEGUASAI TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang kritis serta meguasai teknologi dan informasi. Sebab apabila hanya mengandalkan belajar saja tanpa dibarengi dengan upaya peningkatan kemampuan di bidang teknologi dan informasi, jangan berharap bisa beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan dunia.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Kebangsaan Menggugah Nalar Kritis Mahasiswa di Era Indistri 4.0, yang dilaksanakan baru-baru ini, bertempat di Auditorium UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi), dalam rangka rangkaian acara peringatan milad ke 12 Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada para mahasiswa, supaya bisa menghadapi berbagai tantangan di era revolusi industri 4.0. Adapun ciri revolusi industri 4.0 ini, yang paling penting yakni teknologi dan informasi serta kolabroasi.

Dikatakannya, salah satu fokus pembangunan Pemerintah Kota Sukabumi, yakni meningkatkan dan mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) generasi penerus bangsa. Diantaranya melalui optimalisasi peran guru dan dosen dalam mendidik para peserta didiknya, supaya siap dan bisa menjadi penerus bangsa, terutama di era revolusi industri 4.0.

Dikatakan pula, revolusi industri 4.0 ini merupakan era ketika industri  meningkat dan berkembang dengan sangat pesat, memanfaatkan kemajuan dan peningkatan serta perkembangan teknologi dan informasi. Dalam menghadapi tantangan tersebut, dunia pendidikan dituntut untuk dapat merubah pola pendidikannya, yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0, serta dinamakan pendidikan 4.0, yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajarannya.

Disamping itu juga dikatakan, pendidikan merupakan garda terdepan. Untuk itu, guru dan dosen harus dapat menyesuaikan kompetensi dalam menghadapi era pendidikan 4.0. Sebab para peserta didik yang dihadapi saat ini, merupakan generasi milineal, yang tidak asing lagi dengan dunia digital.

Ditambahkannya, para peserta didik yang sudah terbiasa dengan arus informasi dan teknologi industri 4.0, harus mampu menjawab tantangan industri 4.0. Salah satunya melalui pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), dan hal tersebut menunjukan, bahwa pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan, peningkatan dan pengembangan yang cukup signifikan.

Leave a Reply