PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SIAP MENDUKUNG MEDIA APABILA AKAN MEMBENTUK KOPERASI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi siap mendukung media yang ada di Kota Sukabumi, apabila akan membentuk koperasi. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., usai menghadiri Rakerda (Rapat Kerja Daerah) Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2019, belum lama ini.

Oleh karenanya, wartawan harus tertantang membentuk koperasi, untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Dikatakannya, media perlu membentuk koperasi, untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, seperti koperasi yang bergerak dalam penyediaan berbagai kebutuhan wartawan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi mempersilakan media untuk membentuk koperasi dan mengatur manajemennya. Dikatakan pula, apabila media membentuk koperasi dan membutuhkan mesin cetak, akan dibantu oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Namun jangan sampai mesin cetak dibantu, tapi yang menggunakannya hanya beberapa orang dan koperasinya ditinggal begitu saja.

Selain itu juga dikatakan, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal memfasilitasi pembentukan koperasi yang dilaksanakan oleh masyarakat dan media. Karena berbagai kebutuhannya termasuk permodalannya, saat ini sangat mudah.

Lebih jauh dikatakan, apabila media di Kota Sukabumi siap dan serius membentuk koperasi, Pemerintah Kota Sukabumi siap memfasilitasi dan membantu kebutuhan koperasinya, dengan caatan harus mengajukan proposal kepada Pemerintah Kota Sukabumi. Dikatakan pula, keberadaan koperasi sangat penting, karena pada masa mendatang akan menjadi penggerak ekonomi yang dominan.

Menyinggung upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Kota Sukabumi mejadi Kota Koperasi, menurut Wakil Wali Kota Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, akan senantiasa berupaya optimal melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian KUKM (Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah) RI dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dalam pada itu, Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, persyaratan utama untuk membentuk koperasi, diantaranya harus memiliki anggota sedikitnya 20 orang dan siap melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Disamping itu juga dijelaskan, bagi setiap lembaga yang akan membentuk koperasi, harus beroperasi minimal selama 2 tahun.

Leave a Reply