PEMANTAUAN PASAR DINAS KETAHANAN PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Menghadapi bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi melaksanakan Pemantauan pangan ke pasar tradisional dan modern di Kota Sukabumi pada hari Jumat 3 Mei 2019. Sidak pasar tersebut dipimpin oleh kepala dinas DKP3, Ir Hj.Kardina Karsoedi M.T.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pemantauan, menurut kepala Dinas DKP3 Kota Sukabumi, di antaranya untuk mengantisipasi adanya bahan PAH ( Pangan Asal Hewan ) yang tidak aman di konsumsi oleh masyarakat ,karena menjelang bulan suci Ramadhan merupakan masa rawan serta sering di manfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab khususnya dalam keamanan bahan Pangan Asal Hewan.

Pemantauan dilakukan di 2 titik pasar tradisional yaitu di Pasar Degung dan Pasar Pelita serta 2 pasar modern yaitu Yogya Department Store dan Superindo City Mall. Dalam pemantauan ini, diambil kurang lebih 10 sampel daging sapi dan 5 sampel daging ayam dari beberapa pedagang. Sampel daging tersebut akan diperiksa dan diuji untuk mengetahui apakah aman dari pencemaran mikroba atau residu anti biotik. Selain itu pemeriksaan juga di lakukan secara langsung diantara dengan melihat warna daging , bau dan kekenyalan daging. Sampel buah – buahan dan sayuran pun dikumpulkan untuk dilakukan pemeriksaan dan pengujian.

Dalam pemantauan ini juga dilakukan pendataan harga serta pembinaan kepada para pedagang pasar tradisonal dan pasar modern tentang sertifikat yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha komoditas Pangan Asal Hewan sebagai jaminan bahwa produk yang diolah dan di jual telah memenuhi persyaratan keamanan serta kesehatan dan keutuhan. Sosialisasi juga dilakukan kepada para konsumen.

Leave a Reply