HUTAN KIBITAY KOTA SUKABUMI AKAN MENJADI DESTINASI WISATA TERPADU

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Sony Hermanto, S.H., M.Si., Hutan Kibitay Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, akan menjadi destinasi wisata terpadu di Kota Sukabumi, dengan beberapa titik wisata lainnya yang ada di Kelurahan Baros Kecamatan Baros dan Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu.

Karena hutan tersebut akan disulap menjadi obyek wisata yang menarik, supaya dapat menarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Sukabumi, khususnya ke obyek wisata yang ada di Keluraha Baros dan Kelurahan Cikundul serta ke Hutan Kibitay Kelurahan Lembursitu, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi. Diungkapkan pula, Hutan Kibitay menjadi Hutan Kota Sukabumi ini, ditetapkan melalui Keputusan Wali Kota Sukabumi Nomor 209 Tahun 2009.

Untuk itu, seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait di Kota Sukabumi, senantiasa berkomitmen serta berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan seluruh potensi wisata yang ada di Kota Sukabumi, supaya dapat menarik wisatawan untuk senantiasa berkunjung ke Kota Sukabumi. Selain itu juga diungkapkan, pihaknya beserta seluruh SKPD terkait di Kota Sukabumi, akan berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan Hutan Kota Kibitay, supaya dapat menjadi bagian obyek wisata yang menarik dan special di Kota Sukabumi, untuk senantiasa dikunjungi oleh para wisatawan.

Adapun konsep yang sudah direncanakan untuk menata sekaligus meningkatkan dan mengembangkan Hutan Kota Kibitay, diantaranya penataan spot-spot foto yang menarik serta arena rekreasi seperti flying fox dan yang lainnya. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini belum bisa direalisasikan, karena terkait kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan fisik. Oleh karenanya, rencana tersebut untuk sementara dipending dulu, kendati sudah dituangkan dalam DED (Detail Engineering Design).

Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Sukabumi menjelaskan, pihaknya akan senantiasa berupaya optimal melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di sekitar Hutan Kota Kibitay, khususnya yang berkaitan dengan edukasi wisata, termasuk tentang nama-nama pohon yang ada di Hutan Kota Kibitay.  Maksud dan tujuannya, supaya seluruh lapisan masyarakat yang ada di sekitar Hutan Kota Kibitay, dapat menyiapkan diri apabila Hutan Kota Kibitay menjadi tempat atau obyek wisata.

Leave a Reply