BESARAN UPAH SEKTORAL BIDANG PERDAGANGAN DI KOTA SUKABUMI DALAM TAHUN INI MULAI DIBERLAKUKAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, Dra. Hj. Iyan Damayanti, M.Si. menjelaskan, besaran upah sektoral bidang perdagangan besar dan eceran atau retail besar dan berskala nasional, di Kota Sukabumi dalam tahun ini mulai diberlakukan.

Dijelaskan pula, di Jawa Barat hanya ada 5 daerah yang mengajukan upah sektoral bidang perdagangan, salah satunya Kota Sukabumi dan disetujui oleh Gubernur Jawa Barat. Sedangkan yang menjadi dasar dan kebijakan diajukannya upah sektoral tersebut, sebab Kota Sukabumi merupakan kota perdagangan di Jawa Barat.

Selain itu juga dijelaskan, pengajuan besaran upah sektoral bidang perdagangan ini, harus sesuai dengan potensi daerahnya, dan Kota Sukabumi merupakan kota perdagangan. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi mengusulkan upah tersebut, serta disetujui oleh Gubernur Jawa Barat, dan dituangkan dalam SK (Surat Keputusan) Gubernur Jawa Barat.

Lebih jauh dijelaskan, upaya pengusulan upah sektoral tersebut, dilakukan setelah melewati berbagai proses, mulai dari pertentangan dari para pengusaha retail dan yang lainnya. Tapi setelah melakukan komunikasi dan musyawarah dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) dan para pengusaha retail di Kota Sukabumi, akhirnya upah sektoral tersebut disetujui oleh semua pihak.

Adapun besaran upah sektoral bidang perdagangan besar dan eceran atau retail besar dan berskala nasional di Kota Sukabumi, yakni sebesar Rp. 2.693.208,00, atau lebih tinggi sebesar Rp. 300.000,00 dari UMK (Upah Minimum Kota) Sukabumi, yakni sebesar Rp. 2.331.752,00.

PLT Kepala Disnaker Kota Sukabumi mengharapkan, dengan diberlakukannya upah sektoral tersebut, dapat meningkatkan kesejahteraan para karyawan perusahaan perdagangan besar dan eceran atau retail besar dan berskala nasional di Kota Sukabumi.

Selain itu, juga dapat menunjang terhadap Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply