POLRES SUKABUMI KOTA MELAKSANAKAN OPERASI KESELAMATAN LODAYA TAHUN 2019

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota, selama 14 hari melaksanakan Operasi Keselamatan Lodaya Tahun 2019, tepatnya dari tanggal 3 sampai dengan 16 Mei 2019, di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Kanit (Kepala Unit) Turjawali Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, Iptu Ratno Panji Setiaji mengungkapkan, pada hari pertama pelaksanaan operasi tersebut, pihaknya berhasil menjaring 170 pengendara yang melakukan pelanggaran, yang dapat membahayakan pengendara lain.

Dikatakannya, Operasi Keselamatan Lodaya ini ditekankan pada sosialisasi dan peringatan. Tapi apabila pelanggarannya serius, dikenakan sanksi tilang. Dikatakan pula, dari 170 pengendara yang terjaring dalam Operasi Keselamatan Lodaya ini, sebanyak 120 pengendara mendapat teguran dan peringatan, serta 50 pengendara mendapat sanksi tilang. Adapun dari 50 pengendara yang mendapat sanksi tilang, yakni sebanyak 20 pengendara tidak menggunakan helm, 15 pengendara melawan arus, 9 pengendara di bawah umur, 1 pengendara roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman, dan 1 pengendara menggunakan HP pada saat berkendara.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lodaya ini, untuk meningkatkan kesadaran serta keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas bagi para pengendara dan pengguna jalan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kepatuhan dan ketaatan masyarakat khususnya para pengendara dalam berlalu lintas, untuk mewujudkan Kamseltibcar (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas). Diharapkannya, dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lodaya ini, dapat meningkatkan kesadaran, keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas serta Kamseltibcar, khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Sukabumi Kota menghimbau kepada segenap pengendara, agar senantiasa melakukan pengecekan terhadap kelengkapan administrasi dan kondisi kendaraannya masing-masing, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi), serta kelengkapan kendaraan lainnya yang tidak sesuai dengan standar, seperti lampu, knalpot bising dan lain-lain. Disamping itu, juga harus senantiasa disiplin serta menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan lalu lintas, dengan senantiasa menaati berbagai peraturan dan perundang-undangan lalu lintas yang berlaku.

Leave a Reply