JAM KERJA ASN SELAMA BULAN SUCI ROMADHON TAHUN 1440 HIJRIYAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, jam kerja ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, selama Bulan Suci Romadhon Tahun 1440 Hijriyah, yakni hari Senin sampai dengan hari Kamis mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB, istirahat dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 12.30 WIB, serta hari Jumat mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB, istirahat dari pukul 11.30 sampai dengan pukul 12.30 WIB.

Adapun untuk OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang memberlakukan 6 hari kerja, antara lain, hari Senin sampai dengan hari Kamis dan hari Sabtu mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB, istirahat dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 12.30 WIB, serta hari Jumat mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB, istirahat dari pukul 11.30 sampai dengan pukul 12.30 WIB.

Ketentuan jam kerja tersebut, mengacu pada Surat Edaran MenPAN RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI Nomor 394 Tahun 2019, tertanggal 26 April 2019, yang ditujukan kepada para Menteri, Kapolri, Panglima TNI, Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dijelaskannya, ketentuan jam kerja tersebut sudah disampaikan kepada seluruh OPD dan Instansi Vertikal, serta Kecamatan dan Kelurahan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar mematuhi dan menaati sekaligus melaksanakan ketentuan jam kerja tersebut, selama Bulan Suci Romadhon Tahun 1440 Hijriyah. Dijelaskan pula, apabila ada ASN yang melanggar ketentuan jam kerja tersebut akan ditindak tegas, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sebab ibadah puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk mengurangi kuantitas dan kualitas pelayanan kepada segenap lapisan masyarakat, tapi harus lebih ditingkatkan secara optimal. Karena bekerja melayani masyarakat pun, merupakan bagian dari ibadah. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melaksanakan ibadah dengan baik dan khusyu, serta berlomba-lomba dalam melakukan amal kebaikan, untuk mendapat keberkahan Bulan Suci Romadhon dan pahala yang berlimpah dari Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply