UPT DINAS P DAN K DI SETIAP KOTA DAN KABUPATEN DI INDONESIA AKAN DILEBUR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Sekretaris BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Drs. Ade Suherman, M.Si. mengungkapkan, UPT (Unit Pelaksana Teknis) Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan), di setiap kota dan kabupaten di Indonesia akan dilebur atau ditiadakan, sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 12 Tahun 2017, Tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan UPT Dinas P dan K.

Untuk itu. BKPSDM Kota Sukabumi sudah berupaya optimal melakukan antisipasi dan persiapan, khususnya dalam menempatkan posisi dan pegawai UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi, yakni di beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain, termasuk di Dinas P dan K Kota Sukabumi serta Kecamatan, sampai dengan batas waktu peleburan UPT Dinas P dan K yang ditetapkan oleh Permendagri RI.

Dijelaskannya, beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan terhadap sejumlah pejabat di UPT Dinas P dan K ke OPD lain dan Kecamatan, serta hanya tinggal sisanya, dan secara bertahap akan dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan kembali, sampai dengan batas waktu peleburan UPT Dinas P dan K.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi meminta kepada seluruh pegawai disetiap UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi, agar tetap tenang serta tidak takut kehilangan jabatan atau pekerjaan.

Menyinggung jangka waktu peleburan UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi, seperti diungkapkan Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi, sesuai dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017, diberi kelonggaran waktu selama 2 tahun. Untuk itu, pada saat ada Kepala UPT atau pejabat lainnya yang pensiun di UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi tidak diisi lagi.

Dikatakannya, pihak BKPSDM Kota Sukabumi akan berupaya optimal, supaya peleburan UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi bisa selesai pada tahun ini, serta hanya menunggu Perwal (Peraturan Wali Kota) tentang Pencabutan UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi, yang diajukan oleh pihak Bagian Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) Setda Kota Sukabumi. Sebab baik BKPSDM Kota Sukabumi maupun Bagian Ortala Setda Kota Sukabumi harus duduk bersama, untuk menentukan waktu pencabutan UPT Dinas P dan K di Kota Sukabumi dan penentuan SDM (Sumber Daya Manusia)-nya.

Leave a Reply