DI MASJID AL-IKHLAS PEMDA KOTA SUKABUMI SENANTIASA DILAKSANAKAN KULIAH DZUHUR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pada setiap bulan Romadhon, di Masjid Al-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi senantiasa dilaksanakan Kuliah Dzuhur. Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, kegiatan Kuliah Dzuhur ini merupakan salah satu upaya dan inovasi yang baik. Karena dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam bidang keagamaan, khususnya bagi para ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Setda Kota Sukabumi dan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, di Masjid Al-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi ini, selain dilaksanakan Kuliah Dzuhur, pada bulan Romadhon Tahun 1440 Hijriyah ini, juga dilaksanakan Pengajian untuk ASN atau PNS Wanita, tepatnya pada setiap hari Jumat siang, mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 13.30 WIB, untuk mengisi bulan Romadhon dengan kegiatan ibadah, sekaligus memakmurkan masjid dan menciptakan suasana Romadhon yang lebih bermakna. Disamping itu Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar kajian-kajian tentang keislaman di Kota Sukabumi terus dilaksanakan, tidak hanya pada bulan Romadhon saja, tapi juga pada bulan-bulan lainnya.

Sementara PLT Sekda (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. selaku Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) AL-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi mengatakan, kegiatan Kuliah Dzuhur ini dilaksanakan rutin setiap hari kerja selama bulan Romadhon, serta diikuti oleh segenap pejabat dan pegawai di lingkungan Setda Kota Sukabumi dan Diskominfo Kota Sukabumi.

Selanjutnya dikatakan, Kuliah Dzuhur ini dilaksanakan setelah selesai melaksanakan Sholat Dzuhur Berjamaah, yakni diisi ceramah singkat selama 30 menit, disampaikan oleh penceramah yang telah ditunjuk oleh Panitia Pelaksana Kuliah Dzuhur secara bergiliran. Sedangkan maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan ASN di lingkungan Setda Kota Sukabumi dan Diskominfo Kota Sukabumi, khususnya tentang keislaman.

Dalam pada itu, Koordinator Kegiatan dan Panitia Pelaksana Kuliah Dzuhur Masjid Al-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi, Bobby menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan Kuliah Dzuhur ini, untuk mengisi waktu istirahat kerja ASN di lingkungan Setda Kota Sukabumi dan Diskominfo Kota Sukabumi. Adapun materi yang disampaikan oleh para penceramah dalam Kuliah Dzuhur ini, antara lain tentang keagamaan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Leave a Reply