ROAD SHOW SOSIALISASI DANA KELURAHAN TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Tim Pendamping Dana Kelurahan Tingkat Kota Sukabumi, yang terdiri dari perwakilan beberapa dinas, badan dan bagian di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, melakukan Road Show Sosialisasi Dana Kelurahan Tahun 2019, ke 7 Kecamatan se Kota Sukabumi. Adapun putaran pertama sosialisasi tersebut, dilaksanakan di Kecamatan Lembur Situ, tepatnya tanggal 9 Mei 2019, di Ruangan Pertemuan Kantor Kecamatan Lembur Situ. Hadir pada kesempatan tersebut, Camat Lembur Situ, Hj. Nur’aeni Komarudin, S.IP., M.Si., para Lurah se Kecamatan Lembur Situ, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masarakat), dan para tamu undangan lainnya.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. selaku Ketua Tim Pendamping Dana Kelurahan Tahun 2019, dalam sambutanya menjelaskan, bahwa dasar hukum dana kelurahan ini, yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah. Dikatakannya, dalam Pasal 230 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dijelaskan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota harus mengalokasikan dana dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), untuk pembangunan sarana dan prasarana lokal kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Sedangkan dasar hukum lainnya, yakni Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 130 Tahun 2018, tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan.

Dikatakan pula, pembangunan sarana dan prasarana kelurahan ini, untuk membiayai pelayanan sosial dasar, yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, seperti pembangunan sumur resapan dan pembangunan jalan permukiman. Adapun kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan, meliputi pelayanan kesehatan masyarakat, pelatihan kerja dan usaha. Selanjutnya dikatakan, pada Permendagri tersebut juga disebutkan, pengelolaan dana kelurahan ini dilakukan bersama unsur masyarakat, serta perencanaan kegiatan dan penggunaan dana tersebut, dilakukan berdasarkan musyawarah pembangunan kelurahan.

Sementara Camat Lembur Situ, Hj. Nur’aeni Komarudin, S.IP., M.Si. menjelaskan, sebanyak 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Lembur Situ, masing-masing menerima dana sebesar Rp. 352.941.000,00, untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat, dengan rincian penganggarannya yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan di setiap kelurahan.

Leave a Reply