MENGHARAPKAN ADA PERWAL SUKABUMI YANG MENGATUR TUGAS PA DAN KPA DANA KELURAHAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Camat Warudoyong Kota Sukabumi, Drs. R. Samiarto, M.Si., mengharapkan ada Perwal (Peraturan Wali Kota) Sukabumi, yang mengatur tugas, peran dan fungsi PA (Pengguna Anggaran) dan KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) dalam pelaksanaan dana kelurahan. Maksud dan tujuannya untuk mengantisipasi dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, khususnya oleh PA dan KPA dalam pelaksanaan dana kelurahan. Selain itu, juga untuk memperkuat posisi, tugas, peran dan fungsi PA dan KPA, sekaligus sebagai payung hukum PA dan KPA dalam melakukan penggunaan dana kelurahan, ter-utama yang melibatkan pihak ketiga.

Selanjutnya Camat Warudoyong juga menjelaskan perhitungan waktu dan persoalan hukum, saat pengerjaan dan penggunaan anggaran dana kelurahan. Sebab Camat Warudoyong tidak menghendaki, pada saat pembangunan dilaksanakan ada keterlambatan waktu atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Karena hal tersebut bisa membahayakan bagi PA dan KPA serta Bendahara.

Di sisi lain, Camat Warudoyong sangat mengapresiasi adanya Tim Pendamping Dana Kelurahan, yang melakukan road show ke setiap kecamatan, memberikan penjelasan dan pemahaman tentang tahapan pelaksanaan dana kelurahan, termasuk Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Teknis) Penggunaan Dana Kelurahan.

Dijelaskan pula, adanya Tim Pendamping Dana Kelurahan ini, dapat memberikan kenyamanan bagi PA dan KPA serta Bendahara Pengelola Dana Kelurahan. Disamping itu juga dijelaskan, di Kecamatan Warudoyong ada 5 kelurahan, yakni Kelurahan Warudoyong, Kelurahan Dayeuhluhur, Kelurahan Sukakarya, Kelurahan Benteng dan Kelurahan Nyomplong, akan menggunakan Dana Kelurahan yang berbeda-beda, sesuai dengan hasil kesepakatan yang tertuang dalam berita acara Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kelurahan masing-masing.

Selain itu juga dijelaskan, untuk Kelurahan Benteng yang lokasinya dikelilingi oleh 3 aliran sungai, sering terjadi banjir. Untuk itu, Camat Warudoyong meminta kepada Lurah Benteng, agar dana tersebut diprioritaskan untuk menangani permasalahan banjir. Lebih jauh dijelaskan, untuk penyerapan dana kelurahan ini, pihaknya sudah menyiapkan dan pengalokasiannya, sesuai dengan potensi serta kelemahan dan kekurangan di setiap kelurahan, termasuk SDM (Sumber Daya Manusia)-nya, sudah siap melaksanakan tugas dan amanah ini, sesuai dengan skala prioritas yang dibutuhkan.

Leave a Reply