AKAN MEMBERI SANTUNAN KEPADA PETUGAS PENYELENGGARA PEMILU YANG MENINGGAL DUNIA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemkot (Pemerintah Kota) Sukabumi menurut rencana akan memberi santunan kepada Petugas Penyelenggara Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019 yang meninggal dunia, baik KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) maupun Pamsung (Pengamanan Langsung). Adapun mengenai waktu penyerahan santunannya, seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, yakni pada pertengahan bulan Romadhon, tepatnya pada Peringatan Nuzulul Quran, tanggal 17 Romadhon 1440 Hijriyah, di Masjid Agung Kota Sukabumi. Namun mengenai jenis santunannya belum bisa dipastikan. Karena Pemerintah Kota Sukabumi sedang menyiapkannya, termasuk jenis santunan yang akan diberikan.

Dijelaskannya, pemberian santunan kepada Petugas Penyelenggara Pemilu Serentak Tahun 2019 yang meninggal dunia tersebut, sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian serta penghargaan dari Pemerintah Kota Sukabumi. Sebab suksesnya Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kota Sukabumi, tidak terlepas dari peran dan tugas semua pihak, khususnya para Petugas Penyelenggara Pemilu.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga sempat melayat ke rumah Petugas Pamsung yang meninggal dunia, yakni di wilayah RT 01 RW 08 Pancuran Kembang, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan  Cikole, dan Petugas KPPS yang meninggal dunia, di wilayah RT 04 RW 06 Kelurahan Limus Nunggal, Kecamatan Cibeureum. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi atas nama Kepala Daerah dan Pemerintah Kota Sukabumi menyampaikan béla sungkawa dan rasa duka yang mendalam, atas meninggalnya Petugas Pamsung dan KPPS tersebut, seraya memanjatkan doa, agar arwah almarhum Petugas Pamsung dan KPPS tersebut mendapat rahmat dan maghfiroh, diterima iman islamnya, serta ditempatkan di tempat yang diridoi oleh Alloh Subhanahu Wataalla. Selanjunya segenap keluarganya senantiasa diberi kekuatan, ketabahan dan keikhlasan dalam menerima takdir ini dari Yang Maha Kuasa.

Dalam pada itu, Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sumber Daya Manusia) KPU (Komisi Pemilighan Umum) Kota Sukabumi, Ratna Istianah mengungkapkan, di Kota Sukabumi ada 3 Petugas Penyelenggara Pemilu Serentak Tahun 2019 yang meninggal dunia akibat kelelahan. Antara lain Petugas KPPS di Kecamatan Warodoyong, Tatang,  meninggal dunia pada tanggal 5 April 2019. Selanjutnya Petugas Pamsung di Kecamatan Cikole, Andi, meninggal dunia pada tanggal 26 April 2019, dan Petugas KPPS di Kecamatan Cibeureum, Tedi Supriadi, meninggal dunia pada tanggal 27 April 2019.

Leave a Reply