PT KAI MELAUNCHING PENAMBAHAN JADWAL KA PANGRANGO II JURUSAN SUKABUMI – BOGOR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

PT KAI (Kereta Api Indonesia) Daop (Daerah Operasi) I Jakarta, hari Selasa, 14 Mei 2019, melaunching penambahan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA (Kereta Api) Pangrango II Jurusan Sukabumi – Bogor, yakni sebanyak 3 kali pemberangkatan dari Stasiun Sukabumi dan 3 kali kedatangan dari Stasiun Bogor, sama dengan keberangkatan dan kedatangan KA Pangrango biasa. Dengan demikian, jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Pangrango ini menjadi 6 kali pemberangkatan dari Stasiun Sukabumi dan 6 kali kedatangan dari Stasiun Bogor.

Adapun jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi ke Bogor, yakni pada pukul 05.15, pukul 06.40, pukul 10.25, pukul 12.10, pukul 15.45, dan pukul 17.30. Sedangkan jadwal keberangkatan dari Stasiun Bogor ke Sukabumi, yakni pada pukul 07.50, pukul 09.30, pukul 13.10, pukul 14.50, pukul 18.30, dan pukul 20.35. KA Pangrango II ini membawa rangkaian 6 gerbong, yang terdiri dari 1 Gerbong Eksekutif, 1 Gerbong Restoran dan 4 Gerbong Ekonomi, dengan harga tiket 80 ribu rupiah untuk Gerbong Eksekutif dan 35 ribu rupiah untuk Gerbong Ekonomi.

Kepala Statiun Sukabumi, Heru Salam menjelaskan, dilaksanakannya penambahan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Pangrango II Jurusan Sukabumi – Bogor ini, sebagai salah satu upaya merealisasikan aspirasi masyarakat, yang menghendaki agar jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Pangrango Jurusan Sukabumi – Bogor ditambah. Selain itu, juga dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya menjelang dan pasca Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah.

Untuk itu, penambahan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Pangrango Jurusan Sukabumi – Bogor ini, akan dilaksanakan selama 1 bulan. Sedangkan untuk ke depannya, tergantung pertimbangan dan kebijakan PT KAI. Dijelaskan pula, dilaksanakannya penambahan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Pangrango  Jurusan Sukabumi – Bogor ini, mendapat sambutan secara positif dari berbagai lapisan masyarakat Kota dan Kabupten Sukabumi, karena Kereta Api merupakan pilihan utama alat transportasi bagi masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi. Sebab waktu tempuh Sukabumi – Bogor, apabila menggunakan Kereta Api hanya 2 jam lebih. Tapi apabila menggunakan alat transportasi lain bisa mencapai 4 sampai dengan 5 jam.

Leave a Reply