BERUPAYA OPTIMAL MENINGKATKAN PROGRAM SI JEMPOL

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal meningkatkan dan mengembangkan Program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk (Administrasi Kependudukan), kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, termasuk pada Bulan Romadhon, disamping pelayanan reguler yang dilaksanakan di Kantor Disdukcapil Kota Sukabumi.

Sebab seperti dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., bulan Romadhon tidak boleh dijadikan alasan untuk mengurangi kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, tapi harus ditingkatkan dan dikembangkan. Karena memberikan pelayanan kepada masyarakat pun merupakan bagian dari ibadah. Untuk itu, pada Bulan Romadhon Tahun 1440 Hijriyah tepatnya menjelang Idul Fitri, pihaknya beserta jajarannya tetap melaksanakan Program Si Jempol Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk, kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, yakni Program Si Jempol Ngabuburit Bareng Disdukcapil Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, dalam Program Si Jempol Ngabuburit Bareng Disdukcapil Kota Sukabumi ini, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan perbankan, khususnya dalam penyediaan jasa penukaran uang. Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi mengharapkan, Program Si Jempol Ngabuburit Bareng Disdukcapil Kota Sukabumi ini, mendapat sambutan secara positif dari segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Adapun jenis  pelayanan Dokumen dan Adminduk yang diberikan dalam Program Si Jempol Ngabuburit Bareng Disdukcapil Kota Sukabumi ini, diantaranya pembuatan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik), KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran dan yang lainnya. Sedangkan fungsi dan kegunaan Dokumen dan Adminduk ini, antara lain sebagai identitas diri, untuk mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat, untuk mengurus perizinan, membuka rekening dan mengajukan kredit bank, melamar pekerjaan, masuk Anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta untuk keperluan lainnya.

Leave a Reply