SELURUH SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AGAR LEBIH FOKUS BEKERJA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghimbau kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar lebih fokus bekerja, supaya dapat menyerap anggaran secara optimal, khususnya anggaran barang dan jasa. Karena penyerapan anggaran tersebut, pada triwulan pertama tahun 2019, di Kota Sukabumi masih belum maksimal. Untuk itu, pada triwulan kedua tahun 2019 ini, seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar melakukan percepatan dalam penyerapan anggaran tersebut.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, belum maksimalnya penyerapan anggaran barang dan jasa pada triwulan pertama tahun 2019 oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ini, karena banyak faktor dan hal yang menghambat terhadap penyerapan anggaran tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi beserta SKPD terkait, akan melakukan evaluasi terhadap penyerapan anggaran barang dan jasa pada triwulan pertama tahun 2019, yang dilakukan oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya penyerapan anggaran tersebut, pada triwulan kedua tahun 2019 bisa lebih baik dari penyerapan anggaran triwulan pertama, termasuk input dan outputnya.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi menjelaskan, anggaran yang bersumber dari luar APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi pun, seperti DAK (Dana Alokasi Khusus) dari Pemerintah Pusat dan Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinisi Jawa Barat, juga belum dapat terserap sepenuhnya oleh  seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Sebab banyak faktor dan hal yang menghambat terhadap penyerapan anggaran tersebut, diantaranya masalah Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Teknis). Disamping itu, juga oleh pelaksanaan Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, dan Pemilu Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten atau Kota.

Leave a Reply