MUI KOTA SUKABUMI LAKUKAN OPERASI SIMPATIK RAMADHAN 1440 H

Reporter : KHAERU SOBRI

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Tim Patroli Simpatik Ramadhan yang terdiri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Satpol PP Kota Sukabumi serta organisasi masyarakat melaksanakan operasi simpatik ramadhan 1440 H di sejumlah tempat keramaian  di Kota Sukabumi seperti Pasar Tipar Gede, Jalan Odeon, dan Jalan Lingkar Selatan. Adapun sasaran operasi simpatik ini yakni rumah makan dan warung nasi maupun sejenisnya yang berjualan pada siang hari.

Ketua Komisi Dakwah MUI Kota Sukabumi, KH. Noor Kosim mengatakan, operasi simpatik ramadhan ini bertujuan untuk menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar serta memberikan kenyamanan bagi warga Kota Sukabumi terutama kaum muslim yang tengah menajalankan ibadah puasa. Dirinya juga menghimbau kepada warga non muslim agar menghormati saudara muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan maupun minum di khalayak ramai. Meskipun tidak ada kewajiban bagi non muslim untuk melaksanakan puasa, namun hal tersebut demi terciptanya kerukunan antar umat bergama sehingga keamanan dan kenyamanan di Kota Sukabumi tetap terjaga.

Saat melakukan patroli simpatik ramadhan, petugas menemukan sejumlah orang yang tengah  makan. Salah satunya adalah seorang pria berinisial AH. Pria itu hanya terdiam saat anggota MUI menasehatinya karena tidak berpuasa. Sebelumnya AH sempat berniat kabur begitu mengetahui kedatangan petugas, namun langkahnya terhenti oleh anggota Satpol PP yang berjaga di depan pintu warung. Selain AH beberapa orang yang ikut kedapatan makan di warung itu langsung angkat kaki meninggalkan tempat begitu melihat kedatangan petugas. Di dalam warung juga ada seorang perempuan menggendong anak kecil.

Leave a Reply