RAKOR LINTAS SEKTORAL OPERASI KETUPAT LODAYA TAHUN 2019

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. dan para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi terkait, menghadiri Rakor (Rapat Koordinasi) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019, yang dilaksanakan oleh Polres Sukabumi Kota, tepatnya tanggal 16 Mei 2019, di Graha Rekonfu Polres Sukabumi Kota. Adapun maksud dan tujuannya, dalam rangka Pengamanan Idul Firtri Tahun 1440 Hijriyah.

Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya tersebut, dipimpin oleh Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.IK., M.Si., serta diikuti oleh sejumlah unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota dan Kabupaten Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, serta peserta Rakor lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Sukabumi Kota menjelaskan, Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019 ini menurut rencana akan dilaksanakan selama 13 hari, tepatnya dari tanggal 29 Mei sampai dengan tanggal 10 Juni 2019. Sedangkan aparat yang akan diturunkan dalam Operasi Ketupat Lodaya ini, yakni Polri dibantu oleh TNI, yang terdiri dari Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, serta SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, Polres Sukabumi Kota akan berupaya optimal dan mengantisiasi berbagai potensi, diantaranya dengan membangun sejumlah Posko (Pos Komando) Pengamanan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, yang beroperasi dan melakukan pengamanan selama 24 jam. Dijelaskan pula, sejumlah Posko Pengamanan terasebut, akan dipusatkan dibeberapa titik keramaian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, untuk memonitor arus lalu lintas dan keamanan.

Lebih lanjut Kapolres Sukabumi Kota menjelaskan, selain akan membangun Posko Pengamanan, Polres Sukabumi Kota juga akan membangun Pos Pelayanan di Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi, untuk memonitor arus mudik dan balik serta keamanan di terminal tersebut dan sekitarnya. Disamping itu, seluruh Polsek di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, akan diinstruksikan dan diwajibkan membangun Pos Singgah Patroli, di wilayahnya masing-masing. Adapun maksud dan tujuan akan dibangunnya sejumlah Posko Pengamanan dan Pos Pelayanan serta Pos Singgah Patroli di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota ini, untuk meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyamanan masyarakat serta kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Leave a Reply