TELAH LEBIH SATU ABAD MENOREHKAN CATATAN PENGHORMATAN ATAS KEMAJEMUKAN BANGSA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Telah lebih satu abad masyarakat Indonesia menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa, yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, masyarakat Indonesia mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi bahwa masyarakat Indonesia akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat dan keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa, yaitu persatuan Indonesia.

Hal tersebut ditandaskan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, yang disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Ke 111 Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) Tahun 2019 Tingkat Kota Sukabumi, hari Senin, 20 Mei 2019, di Halaman Apel  Setda Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, Peringatan Harkitnas kali ini dilangsungkan dalam suasana Bulan Suci Romadhon. Bagi umat muslim, Bulan Suci Romadhon menuntun untuk mengejar pahala, dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci oleh Alloh, seperti permusuhan dan kebencian, serta penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung Bulan Suci Romadhon nanti, umat muslim bisa seperti Mahapatih Gajah Mada, yakni mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih, berkat hubungan yang kembali fitri dengan semua pihak.

Berkaitan dengan hal tersebut, sangat relevan apabila Peringatan Hari Kebangkitan Nasional disematkan tema Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan untuk Persatuan. Dikatakannya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad, dan kuncinya ada dalam dwilingga salin suara serta gotong-royong.

Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Pimpinan dan Anggota DPRD, PLT Sekda (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah), jajaran Pengurus TP PKK dan DWP (Dharma Wanita Persatuan), para Asisten Daerah, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Usai Upacara, dilanjutkan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga ke TMP (Taman Makam Pahlawan) Suryakencana Kota Sukabumi, dalam rangka Peringatan Ke 111 Harkitnas Tahun 2019 Tingkat Kota Sukabumi, dipimpin oleh Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos.

Leave a Reply