SENANTIASA MEMBERI PERHATIAN KHUSUS TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH UMROH DAN HAJI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa memberi perhatian khusus terhadap pelaksanaan ibadah umroh dan haji. Sebab dapat mendorong terhadap lahirnya keberkahan di Kota Sukabumi. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa mendukung kepada setiap travel yang akan memberangkatkan jamaah umroh. Karena Pemerintah Kota Sukabumi meyakini, semakin banyak masyarakat yang melaksanakan ibadah umroh, Kota Sukabumi akan semakin berkah.

Penjelasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada acara Manasik Akbar Ke 4, yang diselenggarakan Dallas Tour dan Travel, baru-baru ini, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, yang diikuti oleh sekitar 600 orang masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Dijelaskan pula, berbicara ibadah, dalam kacamata Islam ada ibadah yang mengedepankan fisik, maliyah atau harta, dan mengedepankan sisi rokhani. Tapi khusus untuk ibadah haji dan umroh seluruhnya bersatu, baik fisik maupun harta dan rokhani. Selain itu juga dijelaskan, saat ini animo masyarakat untuk menjalankan ibadah umroh dan haji sangat tinggi. Bahkan setiap masyarakat yang sudah melaksanakan ibadah umroh dan haji, pasti ingin melaksnakan kembali ibadah tersebut.

Namun untuk mendaftar ibadah haji, untuk saat ini cukup sulit, karena harus mengantri cukup panjang. Dikatakannya, berdasarkan informasi dari Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, apabila mendaftar ibadah haji sekarang, baru bisa berangkat 16 sampai dengan 17 tahun ke depan.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu cara untuk mempercepat pelaksanaan ibadah haji, yakni melalui ibadah umroh. Tapi masyarakat harus memperhatikan dan memilih travel yang baik dan bertanggungjawab, serta harus sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Bahkan saat ini, Kemenag (Kementerian Agama) melakukan verifikasi terhadap travel umroh, yang dapat menjamin keberangkatan dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Leave a Reply