SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANGAN-UNDANGAN  KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah mengenai  Retribusi Pelayanan Tera/ Tera Ulang, Penyelenggaraan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelenggaraan Metrologi Legal di Ruang Pertemuan Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, hari Kamis 23 Mei 2019. Sosialisasi ini diikuti oleh  perwakilan warga dari 2 (dua) kelurahan yakni Kelurahan Cikole dan Kelurahan Gunung Parang. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut adalah Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M,  perwakilan dari OPD pada Pemerintah Kota Sukabumi dan  instansi terkait lainnya.

Dalam sambutanya, Asisten Pemerintahan menandaskan bahwa kegiatan ini merupakan penerapan pelaksanaan kewajiban Pemerintah Daerah dalam memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi mengenai peraturan pemerintah daerah. Saat ini akses informasi produk hukum seperti peraturan daerah semakin dimudahkan dengan adanya Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang bisa dibuka melalui website www.jidh.sukabumikota.go.id.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Een Rukmin,i S.H, MH, menjelaskan ke –  3 Perda yang disosialisasikan adalah Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 11 Tahun 2018 tentang Retribusi Pelayan Tera /Tera ulang. Penyusunan Perda ini yang dijadikan landasannya salah satunya  adalah ketentuan Pasal 110 ayat 1 dan pasal 156 ayat 1 Undang –  IUnndang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Kemudian  Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 1 tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Metrologi Legal  dan  Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Kebakaran.

Leave a Reply