PEMKOT SUKABUMI MENGGIATKAN PEMBINAAN TERHADAP TENAGA PENDIDIK AGAMA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemkot (Pemerintah Kota) Sukabumi menggiatkan pembinaan terhadap tenaga pendidik agama se Kota Sukabumi, bertempat di Masjid Agung Kota Sukabumi, 21 Mei 2019. Pembinaan yang mengambil tema Mewujudkan Tenaga Pendidik Agama yang berakhlakul karimah menuju Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Didin Syarifudin, M.Si., dan pejabat dari Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, pembinaan terhadap tenaga pendidik agama ini, sejalan dengan Visi Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejehtera, serta dalam penjabaran visi pertama, yakni mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif dan memiliki kesetekiawanan sosial yang tinggi.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi berupaya optimal melakukan pembinaan terhadap tenaga pendidik agama, serta program ini dilaksanakan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan. Sebab tenaga pendidik agama memiliki tugas yang besar dan berat dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah, terutama dalam mendorong peserta didik memiliki kecerdasan spiritual, intelektual dan emosional, serta mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan kemajuan yang terjadi di masyarakat. Dikatakannya, hal tersebut dapat terwujud, apabila tenaga pendidik agama dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

Dikatakan pula, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pembinaan terhadap tenaga pendidik, sudah diterbitkan Surat Wali Kota Sukabumi Nomor 451 Tahun 2002 tentang Himbauan Penerapan Kehidupan Beragama di Sekolah, seperti Sholat Berjamaah dan Membaca Al-Quran. Selain itu juga dikatakan, dengan diterapkannya kebijakan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh serta perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Sementara PLT Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Didin Syarifudin, M.Si. menjelaskan, dalam pembinaan ini diberikan honor triwulan pertama tahun 2019, dari Pemerintah Kota Sukabumi kepada 1.256 orang tenaga pendidik agama se Kota Sukabumi, yang terdiri dari 546 orang Guru MD (Madrasah Diniyah), 212 orang Guru Pondok Pesantren, 52 orang Guru MI (Madrasah Ibtidaiyah), 128 orang Guru TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran), dan 318 orang Guru RA (Raudatul Athfal), masing-masing sebesar Rp. 450 ribu.

Leave a Reply