ROMADHON ADALAH MOMENTUM REKONSILIASI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menandaskan, Romadhon adalah momentum rekonsiliasi serta momen untuk memperbaiki dan mempererat hubungan silaturahim. Penandasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada acara silaturahim Tahun 1440 Hijriyah atau Tahun 2019 Masehi, tepatnya tanggal 22 Mei 2019, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi, dilanjutkan Buka Puasa Bersama, Sholat Maghrib dan Sholat Isya Berjamaah, serta Tarling (Tarawih Keliling) Putaran ke 11 atau putaran terakhir, di Masjid Al-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi. Sedangkan yang bertindak sebagai Penceramah, K.H. Nur Halim, dan Moderator dari STISIP Syamsul Ulum Kota Sukabumi, Muhammad Ilyas, S.IP., S.Ag.

Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Pimpinan dan Anggota DPRD, PLT Sekda (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah), para Asisten Daerah, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat, unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) dan para Lurah. Kemudian jajaran Pengurus MUI (Majelis Ulama) Kota Sukabumi dan Kecamatan, Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, PMI (Palang Merah Indonsia) Kota Sukabuimi, serta Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) dan OKP (Organisasi Kepemudaan).

Selanjutnya Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Romadhon juga dikenal sebagai bulan tarbiyah dan bulan pendidikan. Oleh karenanya, Wakil Wali Kota Sukabumi mengajak kepada segenap lapisan masyarakat khususnya umat Islam, agar belajar pada bulan Romadhon, yakni belajar tentang ketaatan terhadap hukum. Karena pada saat berpuasa, diajarkan untuk senantiasa taat kepada aturan yang telah ditentukan oleh Alloh.

Disamping itu, Romadhon juga mengajarkan tentang kejujuran. Padahal apabila mau, bisa saja sambil berkumur pada saat berwudhu minum barang seteguk atau dua teguk, dan orang tidak akan ada yang tahu. Tapi hal tersebut tidak dilakukan, karena semuanya meyakini, bahwa Alloh maha melihat.

Kemudian Romadhon juga mengajarkan akan pentingnya dan indahnya persatuan dan kebersamaan. Antara lain Buka Puasa, Sholat Maghrib, Sholat Isya, Sholat Tarawih dan Tadarus bareng. Oleh karenanya, Wakil Wali Kota Sukabumi mengajak kepada seluruh umat Islam, untuk melanjutkan tradisi ubudiyah yang baik di bulan Romadhon ini. Selain itu, Wakil Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan, agar seluruh umat Islam termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bertaqwa, yang jaminannya adalah   sorga.

Leave a Reply