DALAM OPERASI KETUPAT LODAYA TAHUN 2019 DITERJUNKAN SEBANYAK 800 PERSONIL GABUNGAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Dalam Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019, di Kota Sukabumi akan diterjunkan sebanyak 800 orang personil gabungan, yang terdiri dari dari Polri, TNI, Sub Den Pom, serta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Ke 800 orang personil gabungan tersebut, akan mengamankan lebaran serta arus mudik dan arus balik Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah.

Kepastian akan diterjunkannya personil gabungan tersebut, didapat pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019, yang dipimpin oleh Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., di Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 28 Mei 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos., para Kepala OPD dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi siap dan akan senantiasa berupaya optimal mendukung dan membantu terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menyiapkan berbagai hal yang diperlukan dan dibutuhkan dalam pelaksanaan operasi tersebut, khususnya dalam pengamanan Idul Fitri serta arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2019. Diharapkannya, pelaksanaan Idul Fitri serta arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2019, di Kota Sukabumi dapat bejalan dengan baik dan lancar, serta aman, tenteram, nyaman dan damai.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga senantiasa mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat, agar mengurangi penggunaan kendaraan khususnya roda dua, serta memobilisasi bus atau angkutan umum untuk mudik. Maksud dan tujuannya, untuk mengurangi kepadatan kendaraan serta untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan berlalulintas.

Dalam pada itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. menjelaskan, Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019 ini, suasananya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena bertepatan dengan tahapan Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019. Dengan demikian, Polres Sukabumi Kota melaksanakan dua operasi secara bersamaan, yakni Operasi Mantap Brata dan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019. Adapun salah satu hal yang menjadi perhatian dalam operasi tersebut, yakni masalah arus lalu lintas. Untuk itu, Aparat Kepolisian serta OPD dan instansi terkait lainnya, akan menyiapkan akses jalan satu arah atau one way dari arah Jakarta ke Sukabumi dan sebaliknya, khususnya pada saat arus mudik dan arus balik Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah.

Selanjutnya Kapolres Sukabumi Kota menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat yang akan mudik, agar memperhatikan barang-barang yang ditinggalkan dan rumah dalam keadaan terkunci. Disamping itu, juga kendaraan yang digunakan mudik, harus layak digunakan dan pengendaranya harus sehat. Diharapkannya, dalam suasana masih dilaksanakannya tahapan Pemilu dan Bulan Suci Romadhon, tidak dikotori oleh hal-hal yang tidak baik, serta keadaan wilayah Kota Sukabumi senantiasa dalam suasana kondusif.

Leave a Reply