UPACARA PERINGATAN HARI KELAHIRAN PANCASILA TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019 Tingkat Kota Sukabumi, dipusatkan di Halaman Gedung Juang 45 Kota Sukabumi,  tanggal 1 Juni 2019. Adapun yang bertindak sebagai Inpektur Upacara, Wali Kota Sukabumi, H. Ahmad Fahmi. Sedangkan yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Kepala Kejaksaan Negeri Sukabumi, Kepala Pengadilan Agama Sukabumi, PLT Sekda (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Ketua TP PKK Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Wali Kota Sukabumi membacakan Amanat PLT Kepala BPIP (Badan Pembinaan Idiologi Pancasila) RI, Hariyono, diantaranya mengatakan, Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Bangsa yang digali oleh para Pendiri Bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, buat bangsa Indonesia. Dikatakannya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi, harus terus diperjuangkan. Selain itu, juga harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, serta harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dikatakan pula, bahwa berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong serta keberagaman yang ada, menjadi suatu berkah.

Selanjutnya dikatakan, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, bukan sesuatu yang terpisahkan dari momentum Perumusan Piagam Jakarta oleh Panitia Kecil tanggal 22 Juni, dan Pengesahan Pancasila dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 18 Agustus 1945. PLT Kepala BPIP RI menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Setelah Upacara, Wali Kota Sukabumi dan para tamu undangan menanda tangani ikrar, yang isinya menjelaskan, bahwa masyarakat Kota Sukabumi akan setia terhadap Pancasila dan tetap akan menjaga kerukunan antar umat ber-agama. Selain itu, juga melakukan Pawai Keliling Kota Sukabumi, menggunakan kendaraaan Polres Sukabumi Kota, dengan rute start dari Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan R.E. Martadinata, Jalan Siliwangi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Veteran, dan finish kembali di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Leave a Reply