WALI KOTA SUKABUMI SECARA LANGSUNG MEMIMPIN APEL PAGI PEGAWAI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, secara langsung memimpin Apel Pagi Pegawai di lingkungan Setda Kota Sukabumi, termasuk Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, serta Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, pada hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah, tepatnya hari Senin, 10 Juni 2019, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi.

Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., PLT Sekda (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, BPKD Kota Sukabumi dan Dispusip Kota Sukabumi.

Dalam sambutanya Wali Kota Sukabumi menandaskan, bahwa libur dan cuti bersama Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah telah berakhir, dan pada hari ini, Senin, 10 Juni 2019, seluruh pegawai harus masuk kerja, sesuai dengan Kepres (Keputusan Presiden) RI Nomor 13 Tahun 2019, tentang libur dan cuti bersama Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah, bagi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Dijelaskannya, dalam Kepres tersubut telah diatur, bahwa Cuti Bersama Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah bagi PNS, yakni pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019, serta Libur Idul Fitri tanggal 5 dan 6 Juni 2019. Dengn demikian, seluruh PNS harus masuk kerja pada hari Senin, 10 Juni 2019. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada para pejabat pembina kepegawaiaan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar melaporkan kehadiran para pegawainya pada hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah.

Dijelaskan pula, bagi PNS yang bolos atau tidak masuk kerja pada hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah, akan ditindak tegas dan dijatuhi sanksi, sesuai dengan sesuai dengan pasal 3 ayat 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, yakni berupa hukuman ringan, sedang dan berat. Adapun hukuman ringan berupa teguran lisan, hukuman sedang berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, dan hukuman berat berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun hingga diberhentikan dari PNS dengan tidak hormat.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi atas nama pribadi dan keluarga serta Kepala Daerah dan Pemerintah Kota Sukabumi, menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin yang sebesar-besarnya, kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dari berbagai kesalahan dan kealfaan. Karena selaku manusia biasa, tidak luput dari berbagai kesalahan dan kealfaan, serta tindakan dan ucapan yang kurang berkenan.

Usai melaksanakan apel pagi, Wali Kota Sukabumi bersalaman dengan Wakil Wali Kota Sukabumi, PLT Sekda Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Kepala BPKD Kota Sukabumi, Kepala Dispusip Kota Sukabumi, para Kepala Bagian dan seluruh pegawai, saling memaafkan dari berbagai kesalahan dan kealfaan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga melakukan sidak mengecek jumlah kehadiran pegawai ke Diskominfo Kota Sukabumi dan seluruh Bagian di lingkungan Setda Kota Sukabumi, yang jumlah kehadirannya mencapai 100 persen.

Leave a Reply