DRILL AKSI SIAGA MENGHADAPI BENCANA VERTICAL RESCUE

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Drill Aksi Siaga Menghadapi Bencana Vertical Rescue pada hari Selasa,  11 juni 2019, di Gedung Widaria Kencana (GWK).

Dalam sambutan Kepala Seksi Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Akhmad Zurlkarnain,S.E, dijelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagaimana melakukan penyelamatan terhadap korban bencana yang berada di tempat tinggi, seperti korban yang berada di gedung. Kemampuan ini harus dimiliki para personil BPBD karena saat ini di Kota Sukabumi ini telah dibangun gedung-gedung yang tinggi seperti hotel dan obyek vital lainnya.

Dijelaskan pula bahwa potensi bencana terbesar yang mengancam di Kota Sukabumi adalah  gempa bumi, kebakaran dan  longsor. Meskipun pada tahun ini tren bencana mengalami penurunan yang sangat signifikan, tetapi jika ditinjau dampak kerusakan yang ditimbulkan justru meningkat. Hal ini terlihat dengan semakin meningkatnya nilai kerugian ketika terjadi bencana.

Kegiatan Drill Vertical Rescue ini dilaksanakan selama 14 hari. Kegiatan ini merupakan bagian dari Aksi Siaga Bencana dan diikuti beberapa unsur diantaranya  PMI dan Tagana.

Leave a Reply