WALI KOTA SUKABUMI MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA PETUGAS KEBERSIHAN DLH KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Petugas Kebersihan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, yang senantiasa berupaya maksimal melaksanakan tugas membersihkan dan mengangkut sampah setiap hari di wilayah Kota Sukabumi, termasuk pada bulan Romadhon dan Idul Fitri. Dengan demikian, kebersihan dan keindahan wilayah Kota Sukabumi dapat dijaga dengan baik dan optimal.

Ucapan terima kasih dan apresiasi Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada acara halal bi halal yang dilaksanakan DLH Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 10 Juni 2019. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., dan PLT Sekda (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi mengajak kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) dan masyarakat Kota Sukabumi, agar melanjutkan berbagai amal kebaikan yang dilaksanakan dan digiatkan selama bulan Romadhon, seperti sholat berjamaah di masjid dan tadarus Al-Quran. Selain itu, juga agar senantiasa berupaya optimal mendorong dan meningkatkan kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

Ditandaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya semaksimal mungkin menangani masalah sampah di wilayah Kota Sukabumi, termasuk dalam menghadapi kondisi darurat sampah. Karena kondisi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah Cikundul, diperkirakan hanya mampu bertahan hingga akhir tahun 2019.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengajak kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar berupaya optimal mengurangi sampah di lingkungannya masing-masing. Diantaranya dengan memilah sampah organik dan anorganik, untuk dijadikan pupuk kompos atau pupuk organik dan barang-barang kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Sedangkan upaya lainnya untuk menangani masalah sampah ini, yakni dengan memperluas areal TPA Sampah Cikundul, dan  mengolah sampah seperti di wilayah Bogor yang bisa memproses sampah hingga 100 ton setiap hari.

Leave a Reply