PERAN MUI SANGAT PENTING KHUSUSNYA DALAM MEMBERIKAN NASEHAT DAN FATWA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, peran MUI (Majelis Ulama Indonesia) sangat penting, khususnya dalam memberikan nasehat dan fatwa kepada masyarakat yang membutuhkan bimbingan dan tuntunan ajaran Islam. Disamping itu, MUI juga berperan dalam berbagai proses ibadah dan pendapat, penghubung antara ulama, zuama dan cendikiawan Islam dengan umaro, serta ikut terlibat aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada acara Silaturahmi Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah, yang dilaksanakan oleh MUI Kota Sukabumi, bertempat di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, tanggal 19 Juni 2019. Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para alim ulama dan para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, kolaborasi dengan MUI ini, dapat mendukung terhadap kelancaran dan keberhasilan pembangunan dan agenda di berbagai bidang. Adapun agenda terbaru yang dilaksanakan oleh pemerintah dan segenap lapisan masyarakat, yakni rangkaian pesta demokrasi yang sangat panjang, dari mulai Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden), telah dilalui bersama dengan aman. Hal tersebut dapat terwujud, berkat kerja keras dan kerja ikhlas dari semua pihak, termasuk MUI, serta hasilnya sangat memuaskan dan menggembirakan semua pihak, yakni Kota Sukabumi menjadi kota terkondusif di Jawa Barat.

Diharapkannya, hal tersebut agar senantiasa dijaga dan dipelihara, sekaligus ditingkatkan dan dikermbangkan oleh semua pihak. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan semua pihak, khususnya dalam upaya mencapai dan mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera. Adapun definisi nyaman, yakni masyarakat merasa senang dan bahagia, serta tidak takut melakukan hubungan sosial. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh aparat keamanan, setiap malam melakukan kolaborasi keamanan, untuk menerjemahkan dan mewujudkan kalimat nyaman.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menandaskan, momen silaturahmi dan halal bi halal ini, dapat merajut kebersamaan dengan pemerintah serta seluruh OPD dan instansi terkait, khususnya dalam menunjukkan solidaritas dengan semua elemen masyarakat, termasuk dalam menjaga dan meningkatkan kondusifitas wilayah.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. dan Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M., secara simbolis menyerahkan bantuan perbaikan Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), dari Baznas Kota Sukabumi kepada masyarakat Kota Sukabumi.

Leave a Reply