PUSKESOS DAPAT MENDORONG TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN PERLINDUNGAN SOSIAL

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) dapat mendorong  terhadap peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi masyarakat. Selain itu, juga merupakan sistem rujukan pelayanan terpadu kepada masyarakat. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pada sosialisasi pembentukan Puskesos Tingkat Kelurahan se Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 19 Juni 2019, di Ruangan Pertemuan Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Diharapkannya, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, dapat mempermudah dan memperlancar pembentukkan serta pertumbuhan Puskesos di seluruh kelurahan di Kota Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, di Kota Sukabumi saat ini baru ada 2 Puskesos, yakni Puskesos K61 Karangtengah dan Puskesos K61 Karamat, yang proses pembentukanya dilaksanakan langsung oleh Kementerian Sosial. Untuk itu Wali Kota Sukabumi mengharapkan, seluruh kelurahan di Kota Sukabumi dapat dibentuk Puskesos.

Dijelaskan pula, Puskesos merupakan lembaga yang dibentuk oleh Desa atau Kelurahan. Maksud dan tujuannya untuk memudahkan masyarakat miskin dan rentan miskin di Desa atau Kelurahan terkait, dalam menjangkau pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota, Desa dan Kelurahan, serta Swasta atau CSR. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Desa dan Kelurahan, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap aturan dan anggaran, untuk kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Puskesos.

Adapun sasaran Puskesos ini, yakni masyarakat miskin dan rentan miskin, yang terdapat atau tidak terdapat dalam basis data terpadu, yang dihasilkan melalui PBDT (Pemutakhiran Basis Data Terpadu) Tahun 2015, atau yang ada dalam basis data Siskadasatu (Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu), yang tinggal di Desa dan Kelurahan setempat. Disamping itu, juga PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang ada di Desa dan Kelurahan setempat, serta masyarakat Desa dan Kelurahan setempat lainnya, yang memerlukan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Diharapkan pula, dengan dibentuknya Puskesos di setiap kelurahan di Kota Sukabumi, dapat berdampak positif terhadap pencapaian secara bertahap Visi dan Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, serta dapat memberikan manfaat untuk kepentingan pembangunan di berbagai bidang. Sebab pembangunan bukan merupakan tanggungjawab pemerintah saja, tapi tanggungjawab semua pihak, serta membutuhkan peran dan kontribusi dari seluruh elemen masyarakat.

Leave a Reply