MUSEUM KIPAHARE MENYELENGGARAKAN DISKUSI ARKEOLOGI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Museum Kipahare Kecamatan Baros Kota Sukabumi, menyelenggarakan Diskusi Arkeologi, tepatnya tanggal 22 Juni 2019, dengan mengangkat tema, Jejak Peradaban Masa Lalu Sukabumi. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya diskusi tersebut, dalam rangka memperingari ke 106 Hari Purbakala Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2019, serta untuk lebih mengetahui dan memahami arkeologi dan jejak peradaban di Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Kepala Balai Arkeologi Jawa Barat, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, Camat Baros, Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, M.M., dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Museum Kipahare Kecamatan Baros Kota Sukabumi, yang berupaya optimal menyelenggarakan Diskusi Arkeologi. Karena sangat positif dan besar manfaatnya, terutama dalam mengetahui dan memahami arkeologi serta jejak peradaban di Sukabumi. Dikatakannya, Kota Sukabumi dibangun dan mengalami perjalanan panjang yang harus dikenang, untuk meningkatkan semangat kebersamaan serta persatuan dan kesatuan, supaya pembangunan di Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi.

Dikatakan pula, para pionir negara mengatakan, bahwa orang yang besar atau yang hebat, adalah orang yang senantiasa menghargai dan mengenal sejarahnya. Selain itu, para ulama juga menyatakan dalam konteks keislaman, seorang mukmin harus menyadari betul terhadap proses sejarahnya. Dengan demikian, dalam konteks agama dan budaya tidak ada pertentangan satu dengan yang lainnya, terutama dalam hal pentingnya mengetahui dan mengenal sejarah. Karena sejarah memberikan catatan penting dalam pembangunan dan kehidupan. Disamping itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, pada hari purbakala, para pecinta sejarah dan seni budaya, mendapat pencerahan tentang makna dari arkeologi, termasuk peradaban yang ditemukan di Sukabumi.

Ditambahkannya, kegiatan diskusi ini sebagai salah satu komitmen kebersamaan, bahwa Museum Kipahare Kecamatan Baros Kota Sukabumi, dapat terus menjaga sekaligus melaksanakan dan meningkatkan berbgai bidang pembangunan di Kota Sukabumi. Karena Pemerintah Kota Sukabumi, ingin meninggalkan catatan terbaik dalam perjalanannya.

Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada Museum Kipahare Kecamatan Baros Kota Sukabumi, agar memperjelas informasi dan menyampaikan semangat membangun masa depan. Dikatakannya, dari sejarah masa lalu, maka sejarah masa depan bisa dibuat dan didesain sebaik mungkin. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Museum Kipahare Kecamatan Baros Kota Sukabumi, atas dilaksanakannya diskusi arkeologi ini. Diharapkannya, ke depan kolaborasi antara pecinta sejarah dan pecinta seni budaya dengan Pemerintah Kota Sukabumi, bisa terus didorong dan ditingkatkan, untuk kemajuan Kota Sukabumi dalam bebagai bidang.

Leave a Reply