PEMBANGUNAN SUKABUMI CITY HUB BISA MENUNJANG TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Pembangunan Sukabumi City Hub bisa menunjang terhadap peningkatan perekonomian. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi akan berupaya optimal mendukung terhadap rencana pembangunan tersebut. Adapun pembangunan tersebut, menurut rencana akan dilaksanakan di atas lahan seluas 3,3 hektar, tepatnya di kawasan Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi.

Penjelasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada sosialisasi penajaman pembangunan Sukabumi City Hub, tepatnya tanggal 24 Juni 2019, di Hotel Horison Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Drs. Agung Rahardjo, MSTr., dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD.

Dijelaskan pula, pembangunan tersebut untuk mendukung kesiapan Kota Sukabumi, dalam menghadapi selesainya 3 mega proyek pembangunan, yakni Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi, dan Bandara Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, dalam pembangunan tersebut, akan dibangun Hotel, Bioskop, Pusat Perbelanjaan UKM (Usaha Kecil dan Menengah), serta Terminal Terpadu. Lebih jauh dijelaskan, pembangunan tersebut akan dilaksanakan oleh investor, dengan sistem BOT (Build Operate Transfer). Namun BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)-pun akan dilibatkan.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, pembangunan tersebut saat ini baru pada tahap kajian dan penyampaian rencana pembangunan dari konsultan investor. Dihrapkannya, apabila semuanya sudah selesai, pembangunannya bisa segera dilaksanakan. Diharapkan pula, pembangunan tersebut dapat mengurai pusat keramaian di Kota Sukabumi. Lebih jauh dijelaskan, selain di Kota Sukabumi, Pembangunan City Hub ini juga akan dilaksanakan di daerah lainnya, yakni di Cirebon dan Sumedang. Namun Kota Sukabumi dinilai oleh Kemenhub (Kementerian Perhubungan) lebih siap, sehingga pembangunannya akan didahulukan.

Sementara Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Drs. Agung Rahardjo, MSTr. menjelaskan, keberadaan Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi harus ditingkatkan dan dikembangkan, khususnya tentang kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat, ke arah yang lebih baik lagi. Salah satunya melalui berbagai perbaikan dan peningkatan sarana dan fasilitas terminalnya, terlebih pada tahun depan. Sebab pada tahun depan merupakan masa kebangkitan terminal. Untuk itu, pada tahun depan terminal harus lebih baik dan modern, serta pelayanannya harus lebih cepat dan fasilitasnya harus lebih baik dan memadai.

Leave a Reply