BIMTEK MANAJEMEN PENGUNGSI BAGI TAGANA KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Dinsos (Dinas Sosial) Kota Sukabumi, selama 2 hari tepatnya pada tanggal 28 dan 29 Juni 2019, menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) Manajemen Pengungsi, bagi Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kota Sukabumi. Bimtek yang berlangsung di Perkemahan Samyu Kota Sukabumi ini. dibuka secara resmi oleh PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinsos (Dinas Sosial) Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M.

Dalam sambutanya PLT Kepala Dinsos Kota Sukabumi menandaskan, Taruna Siaga Bencana adalah wadah berhimpun seluruh kekuatan komponen penggulangan bencana berbasis masyarakat, khususnya dari unsur generasi pemuda.

Hal tersebut sesuai dengan kata Taruna, yakni memiliki arti generasi pemuda, serta kata siaga memiliki arti segala upaya kesiapsiagaan dalam kondisi apapun. Sedangkan tugas dan fungsi Tagana, adalah melakukan pencatatan jumlah rumah yang rusak, jumlah korban sakit atau meninggal dunia, membantu pemerintah daerah dalam melakukan kajian dampak bencana, serta melukan rujukan evaluasi dan laporan.

Sementera Kepala Seksi Pasca Bencana Dinsos Kota Sukabumi selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, Nenden Liskana, S.E. menjelaskan, dilaksanakannya Bimtek Manajemen Pengungsi ini, merupakan kegiatan untuk meningkatkan penanganan masalah-masalah strategis, khususnya yang menyangkut tanggap cepat darurat dan kejadian luar biasa.

Adapun maksud dan tujuannya, untuk memberi sekaligus meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada Anggota Tagana, mengenai sistem manajemen dan peralatan penanggulangan bencana, diantaranya pembuatan shelter dan meningkatkan kapasitas sumber daya dalam penanggulangan bencana, khususnya operasionalisasi peralatan tersebut.

Sedangakan peserta yang mengikuti Bimtek ini, seluruhnya berjumlah 40 orang Anggota Tagana Kota Sukabumi. Sementara yang menjadi nara sumber dalam kegiatan Bimtek ini, diantaranya PLT Kepala Dinsos Kota Sukabumi, Ketua Forum Koordinasi Tagana Kota Sukabumi dan dari RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia).

Leave a Reply