PENILAIAN WILAYAH APKB PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN SE WILAYAH BOGOR TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Jawa Barat mengadakan penilaian Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor (APKB) kategori Kader Penggerak Taat Pajak, kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan Kota se-wilayah Bogor tahun 2019 pada hari Kamis 4 juli 2019 bertempat di Hotel Santika Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Sukabumi, H.Andri S Hamami, S.H.,M.H, Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Dr.Hening Widyatmoko,M.A, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bapenda Propinsi Jawa Barat menandaskan bahwa penilaian wilayah Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor (APKB) telah melalui seleksi admnistrasi dan verifikasi data beberapa waktu yang lalu. Penilaian ini menerapkan prinsip keterbukaan dan transparansi serta hasilnya langsung diumumkan. Dilaksanakanya APKB ini, membantu Pemerintah Provinsi untuk mengurangi  jumlah Kendaraan Tidak Daftar Ulang ( KTDU) .

Sementara itu Wakil Wali Kota Sukabumi menyatakan dukungan kepada Bapenda Provinsi Jawa Barat atas terselenggaranya kegiatan ini. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi secara berkesinambungan melakukan program atau kegiatan peningkatan pencapaian pendapatan bersinergi dengan program kegiatan Pemerintah Provinsi.

Lebih lanjut, Wakil Wali Kota menjelaskan penerimaan bagi hasil pajak Provinsi untuk Kota Sukabumi tahun 2018 dari target anggaran yang di tetapkan sebesar Rp. 64.776.096.630 terealisasi sebesar 65.079.845.655 mencapai 100,47% dari target. Sedangkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari target anggaran tahun 2018 Rp. 16.919.609.940, realisasinya mencapai Rp. 17.707.740.353 atau mencapai 104,66 % dari target yang ditetapkan. Adapun potensi  pendapatan pajak kendaraan bermotor di Kota Sukabumi pada tahun 2019 tercatat 100.486 kendaraan roda dua dan  25.841 kendaraan roda empat.

Pada bagian lain kegiatan ini, Ketua Tim Penilai menjelaskan bahwa, penilaian wilayah APKB di 5 wilayah dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kreatifitas, koordinasi serta program kerja dalam pengelolaan  pajak kendaraan bermotor. Adapun yang berhak  lolos di dalam penilaian wilayah Bogor antara lain untuk kategori Kabupaten dan Kota adalah Kota Depok, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Adapun untuk kecamatan diantaranya Kecamatan Cinere, Kecamatan Megamendung, Kecamatan Kebon Pedes, Kecamatan Cianjur dan Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi.

Leave a Reply