WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI RAKORNAS KE 14 APEKSI DI KOTA SEMARANG

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., dan para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, mengikuti Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Ke 14 Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia). Rakornas Apeksi yang dilaksanakan selama 4 hari tepatnya dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Juli 2019, di Ballroom PO Hotel Semarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah ini, dibuka secara resmi oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI, Tjahjo Kumolo.

Hadir pada kesempatan tersebut, MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, Syafruddin, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diani, dan 98 Kepala Daerah Kota Anggota Apeksi.

Dalam sambutannya, Mendagri RI, Tjahjo Kumolo mengharapkan, Apeksi harus berperan aktif mendorong seluruh anggotanya, yang tediri dari 93 Daerah Otonom dan 5 Daerah Administratif, untuk mengambil langkah penyesuain, khususnya yang berkaitan dengan rancangan RPJMN (Rencana Pemangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2020-2025, sebagai penjabaran dari visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, dalam rancangan perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) di daerahnya masing-masing.

Sementra Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, momen ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong inovasi di daerah dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang Smart City, karena sudah identik dengan kemudahan dan kecepatan, serta masyarakat dapat dilayani dengan cepat.

Dalam pada itu, Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diani menjelaskan, dilaksanakannya Rakornas Apeksi ini, untuk menampung berbagai usulan dari setiap anggota Apeksi, untuk disampaikan ke kementerian terkait. Selain itu, Dewan Pengurus Apeksi akan melaksanakan diskusi dengan KemenPAN-RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, khususnya tentang penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah, untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah.

Sedangkan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi mengharapkan, agar Rakornas Apeksi ini bisa memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan daerah, serta dapat meningkatkan kerja sama antar daerah, kemandirian dan perkembangan daerah di berbagai bidang, khususnya dalam meningkatkan perekonomian, kesejahteraan dan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat.

Leave a Reply