BERUPAYA OPTIMAL MENINGKATKAN PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi berupaya optimal meningkatkan program penanganan  dan penanggulangan kemiskinan. Diantaranya dengan telah diterbitkan dan disyahkannya Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Kemiskinan.

Seperti dijelaskan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Een Rukmini, S.H., M.H., dalam Perda tersebut disebutkan, bahwa penanganan dan penanggulangan kemiskinan melibatkan semua unsur, yakni dunia usaha, masyarakat dan Pemerintah Daerah sebagai pembuat kebijakan, menyusun strategi serta merealisasikan berbagai kegiatan penanganan dan penanggulangan kemiskinan. Dikatakannya, berbagai aturan yang tercantum dalam Perda tersebut, mengikat kewajiban seluruh dunia usaha dan masyarakat.

Adapun kewajiban dunia usaha, baik swasta maupun BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), diwujudkan dalam bentuk pemberian dan pemanfaatan dana sosial perusahaan atau pemanfaatan program kemitraan dan bina lingkungan, untuk mendukung program penanganan  dan penanggulangan kemiskinan.

Sedangkan kewajiban Pemerintah Daerah, yakni memenuhi hak dasar masyarakat miskin, seperti kesehatan, pendidikan dan usaha, sebagai sumber pendapatan. Dijelaskannya, untuk merealisasikan dan mewujudkan kewajiban tersebut, Pemerintah Daerah menghimpun informasi yang akurat tentang data masyarakat miskin di setiap wilayah kecamatan dan kelurahan.

Dijelaskan pula, dalam Perda tersebut juga diatur tentang hak dan kewajiban masyarakat miskin, yakni berhak mendapatkan pemenuhan hak dasar, seperti pangan, sandang dan papan, termasuk pelayanan kesehatan, pendidikan dan keterampilan berusaha, serta peluang pekerjaan dan pengembangan usaha.

Selain itu, juga pelayanan air bersih dan sanitasi yang baik, lingkungan hidup yang bersih dan sehat, serta perlindungan sosial dan keamanan dari berbagai ancaman dan tindak kekerasan, termasuk kesempatan untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik.

Lebih jauh dijelaskan, dalam program penanganan dan penanggulangan kemiskinan, khususnya di Kota Sukabumi terdapat beberapa program. Diantaranya program berbasis keluarga untuk memenuhi hak dasar, dan program berbasis pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan potensi dan memperkuat kapasitas kelompok masyarakat miskin, supaya dapat terlibat dalam pembangunan yang didasarkan pada prinsip pemberdayaan masyarakat.

Disamping itu, juga program berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro, untuk memberikan akses dan penguatan ekonomi kepada para pelaku usaha mikro, serta berbagai program strategis lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, khususnya yang dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat miskin.

Leave a Reply