SUNGAI CIPELANG KOTA SUKABUMI MENURUT RENCANA AKAN DITATA MENJADI TEMPAT WISATA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, Ir. H. Rudi Djuansyah, Sungai Cipelang Kota Sukabumi, menurut rencana akan ditata menjadi tempat wisata dan tempat pengelolaan limbah komunal domestik. Berkaitan dengan hal tersebut, perencanaan dan desain untuk penataan sungai tersebut sudah disiapkan, serta akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat. Selain itu, rencana tersebut sudah masuk pada tahapan penyusunan anggarannya.

Diungkapkan pula, rencana akan dilaksanakannya penataan terhadap sungai tersebut, untuk mengentaskan kekumuhan, serta untuk menciptakan dan mengembangkan obyek wisata di Kota Sukabumi, disamping Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikudul dan KAC (Kawasan Agro-eduwisata Cikundul), tepatnya di wilayah Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Selain itu juga diungkapkan, keberadaan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Cikudul ini senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan. Demikian pula KAC, terus ditingkatkan dan dikembangkan, diantaranya produksi edukasi, konservasi dan wisata alam berbasis pertanian. Maksud dan tujuannya, untuk menarik sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung ke obyek wisata tersebut, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi.

Diharapkannya, apabila Sungai Cipelang sudah ditata menjadi tempat wisata dan tempat pengelolaan limbah komunal domestik, dapat menambah destinasi wisata di Kota Sukabumi, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke Kota Sukabumi. Oleh karenanya, Bappeda Kota Sukabumi sudah melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, bahkan sudah melaksanakan lokakarya dengan berbagai pihak, yang diikuti oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, serta swasta dan masyarakat.

Leave a Reply