SELURUH KARYAWAN PDAM TBW KOTA SUKABUMI AGAR MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, meminta kepada seluruh Karyawan PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kepada para pelanggan PDAM TBW Kota Sukabumi. Permintaan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memimpin Apel Pagi Karyawan PDAM TBW Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 8 Juli 2019, di Halaman PDAM TBW Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PDAM TBW Kota Sukabumi, Ir. Abdul Kholik Faddawani, M.M., yang baru dilantik oleh Wali Kota Sukabumi pada 28 Juni 2019 lalu, serta Dewan Pengawas PDAM TBW Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, PDAM TBW Kota Sukabumi sudah berdiri sejak 44 tahun yang lalu, sehingga PDAM ini telah melalui perjalanan yang panjang. Dari kilas balik perjalanan PDAM ini, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh Karyawan PDAM TBW Kota Sukabumi, agar meningkatkan dua fungsi PDAM, yakni pelayanan dan profit. Dijelaskan pula, yang namanya Perumda (Perusahaan Umum Daerah), PDAM Kota Sukabumi harus mendapatkan keuntungan dan melipatgandakan keuntungan. Hal tersebut sesuai dengan target atau keinginan layaknya perusahaan, yang ingin tumbuh dan tetap eksis, serta tidak boleh stagnan, tapi harus ada inovasi dan pembenahan di berbagai bidang, terutama dalam bidang SDM (Sumber Daya Manusia).

Dikatakannya, PDAM seperti rumah besar, dimana Direktur PDAM memiliki tugas dan fungsi sebagai kepala keluarga, dan yang lainnya merupakan bagian dari anggota keluarga. Untuk itu, Direktur PDAM sebagai kepala keluarga dan yang lainnya sebagai bagian dari anggota keluarga, harus senantiasa berupaya optimal menjaga dan merawat rumah besar PDAM, jangan sampai ada anggota keluarga yang merusak seperti mencoret dinding dan membiarkan ketika ada  genteng yang bocor. Adapun salah satu tugas dan fungsi keluarga, yakni sebagai benteng pertahanan, serta harus saling menjaga dan  merawat, termasuk dalam meningkatkan kualitas SDM.

Dikatakan pula, apabila melihat perjalanan dan permasalahan yang dihadapi oleh PDAM TBW Kota Sukabumi ada dua hal penting, yakni masalah teknis dan non teknis yang harus dibenahi dan diperbaiki. Adapun masalah teknis yakni terkait dengan infrastruktur dan sumber air. Sedangkan masalah non teknis yakni masalah kualitas SDM. Wali Kota Sukabumi menandaskan, upaya dalam meningkatkan kualitas SDM, dimulai dari Pemilihan Direktur PDAM, melalui seleksi beberapa waktu yang lalu. Dalam proses seleksi pemilihan tersebut, tidak ada intervensi dari pihak mana pun termasuk dari Wali Kota. Sebab semua pihak menginginkan, agar PDAM TBW Kota Sukabumi ini bisa lebih baik dari waktu ke waktu dan profesional.

Leave a Reply