ANGKA HARAPAN HIDUP DARI WAKTU KE WAKTU TERUS MENINGKAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, angka harapan hidup dari waktu ke waktu terus meningkat, sehingga jumlah Lansia (Lanjut Usia) terus bertambah. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah harus mempunyai inovasi dan program yang baik, dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada para lansia.

Selain itu juga dijelaskan, khusus di Kota Sukabumi, ada sejumlah program untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada para lansia. Antara lain trotoar dan pedesetrian ramah lansia dan disabilitas. Disamping itu, juga ada program Home Care, Revitalisasi Posyandu dan Rumah Singgah di Bandung. Dengan sejumlah program tersebut, Kota Sukabumi termasuk salah satu Kota Ramah Lansia di Jawa Barat dan Nasional. Selanjutnya dijelaskan, dari sejumlah program tersebut, ada yang sudah berjalan dan sebagian masih dilaksanakan secara bertahap.

Penjelasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat Pemerintah Kota Sukabumi menjadi tuan rumah dalam kegiatan sosialisasi dan diskusi dokumen studi kelayakan wahana lansia sejahtera, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bertempat di Ruangan Pertemuan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, baru-baru ini.

Kegiatan sosialisasi dan diskusi tersebut, diikuti oleh 5 pemerintah daerah kota dan kabupaten se Wilayah I Provinsi Jawa Barat, yakni Pemerintah Kota Sukabumi sebagai tuan rumah, selanjutnya Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota Depok dan Kabupaten Cianjur.

Sedangkan yang hadir dalam sosialisasi dan diskusi tersebut, antara lain Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dari sosialisasi dan diskusi studi kelayakan lansia ini, dapat melahirkan komitmen pemerintah daerah, terutama dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada para lansia, khususnya di Kota Sukabumi. Karena hal tersebut al tersebsesuai dengan visi Pemerintah Kota Sukabumi, yakni mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Disamping itu juga diharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat menghasilkan desain dan inovasi serta perencanaan dan program yang baik, untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan serta penanganan terhadap para lansia.

Leave a Reply