KETUA P2TP2A KOTA SUKABUMI SOSIALISASIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Ketua P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak) Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, bersama Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat ( Dinas Dalduk, KB, P3APM) dan Bappeda Kota Sukabumi mensosialisasikan SRA atau Sekolah Ramah Anak ke sekolah – sekolah diantaranya SMA Negeri 3, SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 5 Kota Sukabumi pada hari Selasa, 16 Juli 2019.

Sosialisasi dilakukan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS dan ditujukan kepada pihak sekolah dan para peserta didik baru di setiap sekolah. Hal ini dilakukan selain untuk menunjang penerapan Sekolah Ramah Anak yang merupakan program Pemerintah Pusat juga karena Kota Sukabumi telah menyandang predikat Kota Layak Anak, sehingga harus dipastikan setiap sekolah di Kota Sukabumi telah menerapkan sistem Sekolah Ramah Anak.

Dijelaskan lebih jauh oleh Ketua P2TP2A, Sekolah Ramah Anak memiliki berbagai indikator diantaranya bangunan fisik dan lingkungan sekolah yang tidak membahayakan keselamatan anak. Kemudian pemisahan toilet dan juga sekolah harus nol kekerasan. Penerapan Sekolah Ramah Anak merupakan kerjasama lintas sektor yang melibatkan beberapa instansi dan lembaga diantaranya P2TP2A, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Dalduk,KB, P3APM, serta Bappeda.

Ketua P2TP2A, juga menjelaskan bahwa upaya sosialisasi juga akan dilakukan kepada para orangtua murid, karena Sekolah Ramah Anak harus didukung dengan Rumah Ramah Anak. Para orangtua di Kota Sukabumi dihimbau untuk menerapkan rumah ramah anak, yang sejalan dengan sistem sekolah ramah anak diantaranya nol kekerasan terhadap anak. Keberhasilan Sekolah Ramah Anak akan sangat didukung dengan keberhasilan rumah ramah anak sehingga hak dan perlindungan anak dapat terpenuhi.

One Response

  1. Nurhasanah 28 Januari, 2020 Reply

Leave a Reply