SOSIALISASI METROLOGI LEGAL

Reporter : PKL

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Koperasi , UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop, UKM,PP) Kota Sukabumi mengadakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2018 tentang Metrologi Legal dan Peraturan Daerah nomor 11 Tahun 2018 tentang  Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, bagi para pelaku usaha yang menggunakan alat ukur/timbang dan perlengkapannya pada hari Rabu, 17 Juli 2019 bertempat di Hotel Anugrah Sukabumi. Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami,S.H.,M.H. Selain para pelaku usaha sosialisasi ini di hadiri pula oleh para Camat, Lurah, dan perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sukabumi menandaskan bahwa diadakannya sosialisasi ini  diantaranya bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan kepada konsumen karena produk yang dibeli oleh konsumen akurat dan sesuai dengan nilai transaksi.

Dijelaskan pula oleh Kepala Dinas Kop, UKM, PP Kota Sukabumi, Drs. H. Ayep Supriyatna, M.M, sosialisasi ini untuk meningkatkan wawasan para pelaku usaha mengenai kemetrologian perizinan alat-alat  UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya) yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2018 tentang Retribusi Pelayanan TERA /Tera ulang Alat Ukur.

Sementara itu, Menurut Heri Sihombing sebagai Kabid Perdagangan Diskop, UKM, PP diadakannya acara ini merupakan salah satu cara Pemerintah melindungi masyarakat ketika melakukan transaksi dengan ukuran neraca atau timbangan. Transaksi harus dalam standar ukuran metrologi legal, yaitu dalam ukuran ketepatan takaran. Sedangkan tujuan lainnya adalah mensosialisasikan Peraturan Daerah Kota Sukabumi kepada masyarakat agar masyarakat pun paham mengenai metrologi legal.

Pada Sosialisasi Metrologi Legal ini bertindak sebagai narasumber diantaranya Direktorat Metrologi Ditjen PKTN Kementerian Perdagangan RI, Denny Tresna Seswara, ST,.MT, dan Kepala Dinas Kop, UKM, PP Kota Sukabumi. Sosialisasi ini diikuti 120 orang peserta yang terbagi dalam 2 hari sosialisasi yakni untuk hari Rabu sebanyak 60 orang dan hari Kamis, 18 Juli 2019 sebanyak 60 orang.

Leave a Reply